Registrasi Akun Aplikasi

Untuk Pejabat Pembuat Akta Tanah pilih menu Pejabat Pembuat Akta Tanah seperti gambar dibawah, kemudian akan tampil halaman login.

registrasibaru

Apabila anda belum memiliki ID Pengguna,silahkan melakukan pendaftaran dengan terlebih dahulu menyiapkan data : No KTP, Nama Lengkap PPAT, No SK, Tanggal SK, Tempat Lahir, Tanggal Lhir, Email, Nomor HP, ID pengguna, password

formpendaftaranakun

Catatan : Untuk semua akun pengguna yang terdaftar di mitra.atrbpn.go.id email yang digunakan adalah email yang aktif oleh pengguna.

Kemudian tekan tombol Kirim. Jika data tidak sesuai inputan data yang ada, maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut:

errordaftarppat

Kemudian kode aktivsi akan otomatis dikiim ke email yang telah di daftarkan

kodeaktivasidaftarppat

Input kode aktivasi kemudian klik tombol masukan

inputkodeaktivasidaftarppat

Jika inputan data benar maka akan muncul informasi seperti pada gambar dibawah dan mendapatkan notifikasi pendaftaran yang terkirim ke email anda:

notifberhasildaftarppat

Pada https://mitra.atrbpn.go.id/ klik menu Masuk dengan muncul gambar sebagai berikut:

loginppat

Kemudian masukkan ID pengguna dan password anda untuk masuk pada aplikasi mitra untuk melengkapi data-data, menu login sebagai berikut:

loginppat2

Beranda aplikasi aplikasi pejabat pembuat akta tanah

Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan beranda aplikasi, seperti berikut :

dashboardppat

Untuk kolom berwarna biru merupakan tampilan menu yang akan digunakan oleh PPAT, sedangkan kolom yang berwarna putih merupakan tampilan Dashboard biodata dari PPAT tersebut.

Pada tampilan menu, terdapat beberapa sub menu di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Beranda

  • Data PPAT, pada menu dropdown data PPAT terdapat pilihan seperti berikut

Menu akun saya, pada tahapan ini PPAT wajib melengkapi data- data sebagi berikut:

akunsayappat

  • Klik data PPAT
  • Klik akun saya
  • Input data-data pribadi (NIK, No. KTP, Nama Lengkap, Email aktif, No Handphone, Nomor Telepon, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Status Perkawinan, NPWP, Jenis Kelamin, Alamat sesuai KTP, Kabupaten/Kota, RT/RW, Kode Pos, Jumlah Akta Tahun 2017 dan Jumlah Akta Tahun 2016)
  • Pilih gambar
  • Klik simpan

Menu Pendidikan, pada tahapan ini PPAT wajib melengkapi data-data sebagi berikut:

tambahpendidikanppat

  • Klik data PPAT
  • Klik pendidikan
  • Klik tambah pendidikan

submittambahpendidikanppat

  • Input tipe pendidikan
  • Input nama perguruan tinggi
  • Input jurusan
  • Input kabupaten/kota
  • Input nomor ijazah
  • Input tanggal ijazah
  • Input tahun lulus
  • Pilih jenis gelar
  • Input gelar
  • Pilih file scan Ijazah dan Transkrip nilai
  • Klik simpan

Menu Pengalaman Magang, pada tahapan ini PPAT melengkapi data-data sebagi berikut:

submittambahmagangppat

  • Klik data PPAT
  • Klik pengalaman magang
  • Klik tambah magang

submittambahmagangppat

  • Input Nama PPAT (Tempat magang)
  • Input No SK PPAT (Tempat magang)
  • Pilih Tempat kedudukan PPAT (Tempat magang)
  • Input Jabatan selama magang
  • Input Tanggal mulai magang
  • Input Tanggal selesai magang
  • Klik simpan

Menu Mutasi/Pengangkatan, pada tahapan ini PPAT melengkapi data-data sebagi berikut:

tambahmutasippat

  • Klik Data PPAT
  • Klik Mutasi/pengangkatan
  • Klik tambah pengangkatan/mutasi

tambahmutasippat

  • Pilih jenis riwayat
  • Input No SK pengangkatan PPAT
  • Input Tanggal SK pengangkatan PPAT
  • Input No BA pelantikan
  • Pilih tempat kedudukan
  • Pilih kecamatan (Jika anda PPAT sementara)
  • Pilih file pdf hasil scan yang terdiri atas SK pengangkatan PPAT, BA Pelantikan dan BA Protokol dijadikan dalam satu file pdf
  • Pilih file pdf hasil scan sertipikat lulus ujian (utuk calon PPAT/Baru Lulus)
  • Klik simpan

Menu Protokol, pada tahapan ini PPAT melengkapi data-data sebagi berikut:

tambahmutasippat

  • Klik data PPAT
  • Klik protokol
  • Klik tambah protokol

tambahmutasippat

  • Input no BA Protkol
  • Input tanggal BA Protkol
  • Pilih jenis Protokoler
  • Pilih PPAT pemberi protocol
  • Pilih scan BA Protokol
  • Klik simpan

Menu Kantor, pada tahapan ini PPAT melengkapi data-data sebagi berikut:

tambahkantorppat

  • Klik data PPAT
  • Klik Kantor
  • Klik tambah kantor

tambahkantorppat

  • Pilih gambar kantor
  • Input alamat kantor
  • Pilih kabupaten/kota
  • Pilih kantor pertanahan
  • Input kecamatan
  • Input kelurahan
  • Input RT/RW
  • Input kode pos
  • Input telepon
  • Input mulai aktif
  • Input status kepemlikan
  • Input luas

Menu Notaris, pada tahapan ini PPAT melengkapi data-data sebagi berikut:

tambahriwayatnotarisppat

  • Klik data PPAT
  • Klik notaris
  • Klik tambah riwayat notaris

tambahriwayatnotarisppat

  • Pilih jenis riwayat
  • Input no SK Notaris
  • Input tanggal SK notaris
  • Pilih apakah pejabat lelang atau bukan
  • Input No SK pejabat lelang
  • Input Tanggal SK pejabat lelang
  • Pilih tempat kedudukan
  • Pilih file pdf scan SK Notaris
  • Klik simpan

Menu Cuti, pada tahapan ini PPAT melengkapi data-data sebagi berikut:

tambahriwayatnotarisppat

  • Klik data PPAT
  • Klik cuti
  • Klik tambah cuti

tambahriwayatnotarisppat

  • Input No SK cuti
  • Input tanggal SK cuti
  • Input tanggal mulai cuti
  • Input tanggal selesai cuti
  • Input alasan cuti
  • Input protokol untuk Nama PPAT yang menerima protokol
  • Klik simpan

Menu Validasi adala langkah terakhir dari penginputan data-data sebelumnya, apabila data sudah sesuai maka klik tombol validasi. akan muncul notifikasi dan data PPAT sudah validasi.

pratinjausebelumvalidasippat

pratinjausebelumvalidasippat

Contoh Hasil Pencetakan data Jasa Keuangan sebagai berikut:

pratinjausebelumvalidasippat

pratinjausebelumvalidasippat