Panduan Penggambaran dan Pemetaan GeoKKP

Pendahuluan

Deskripsi Umum

Aplikasi GEOKKP digunakan untuk kegiatan Penggambaran dan Pemetaan bidang tanah yang dalam hal ini dilakukan oleh Surveyor Kadastral Kadaster Berlisensi (SKB) dan Asisten Surveyor Kadastral Berlisensi (ASK) yang selanjutnya disebut Surveyor dan oleh pihak Aparatur Sipil Negara

Perangkat Pendukung Pelayanan

Perangkat Lunak:

  1. Internet

  2. Peramban Internet

  3. Aplikasi Autocad 3d Map 2021

  4. Aplikasi Geokkp

Perangkat Keras:

  1. PC/Laptop/Tablet

  2. Printer

Penggambaran dan Pemetaan Bidang GeoKKP

Persiapan Kegiatan Penggambaran dan Pemetaan

Pelaksanaan kegiatan kegiatan pengukuran dan pemetaan bidang tanah dalam rangka PTSL dilakukan dalam dua mekanisme yaitu secara Swakelola dan Pihak Ketiga. Secara swakelola dilakukan petugas ukur ASN dan atau SKB perorangan, sedangkan secara Pihak Ketiga dilaksanakan oleh KJSKB atau Perusahaan (Badan Hukum Perseroan) di bidang industri survei, pemetaan dan informasi geospasial dalam penggambaran dan pemetaan menggunakan Aplikasi GeoKKP.

Berikut merupakan Diagram Alur Persiapan dan Pemetaan Oleh Satuan Tugas Fisik

Setting Geokkp Training dengan Command “TES” lalu Enter

Username:permenas

Pasword:permenas2016

Setting Geokkp Production dengan Command “TES” lalu Enter

Username:User Login KKP

Pasword:Pasword User Login KKP

Profil sebagai Petugas Pemetaan dan Satuan Tugas Fisik

Pengolahan Data Fisik

Penetapan Lokasi

A. Peta Kerja Bidang Tanah

Diutamakan pada lokasi yang sudah tersedia Peta Dasar Pendaftaran dalam bentuk peta foto/citra satelit resolusi tinggi. Selanjutnya peta dasar ini akan berfungsi sebagai peta kerja kegiatan dilapangan. Pada aplikasi kkp peta kerja dapat di unduh dengan format file shp melalui menu :

Peta -> Peta Pendaftaran

Pilih Kecamatan -> Desa -> Zona TM3 -> Proses

Hasil klik proses akan tersimpan pada desktop file SHP dalam bentuk ZIP

Kemudian lakukan ekstrak pada file tersebut. Klik “extract here”.

Hasil dari extract file unduh persil lewat KKP dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Import File SHP ke Autocad

Sebelum membuka file hasil dari unduhan di peta pendaftaran, lakukan terlebih dahulu setting coordinate system pada CAD, dengan cara sebagai berikut:

Klik menu Maps Drafting -> Coordinat Systems -> Assign Global Coordinate System

Selanjutnya akan muncul coordinat system lalu pilih sesuai zona Kabupaten yang ditentukan oleh BPN tampilan sebagai berikut:

Klik pencarian dengan memasukka pencarian “BPN”, pilih koordinat TM 3 sesuai lokasi -> klik Assign. Maka pada command akan muncul sebagai berikut:

Buka ACAD kemudian lakukan import persil yang sudah diunduh pada peta pendaftaran. Klik menu Maps Drafting -> Import/Eksport -> Import.

Tipe file yang dipilih adalah ESRI Shapefile (*.shp). Pilih file hasil extract, pilihlah file dengan nama file Persil Unduh -> Ok.

Pastikan koordinat sudah sesuai, seperti gambar yang ditandai berikut:

Klik “Data” -> pilih “create object data” -> OK kemudian cek list klik “OK”

Hasil import file shp adalah seperti gambar bidang dibawah ini.

Labelling NIB, SU, dan Hak

Pastikan untuk layer aktif adalah layer Kemudian ketik command “ odlx “ Enter -> Blok seluruh bidang -> Enter.

Layer hasil labelling klik "File” -> Plot.

Sesuaikan dan pilih Printer/plotter :

Name: "DWF6 e Plot.pc3 -> Paper Size -> window -> Ok.

Untuk menampilkan file dwf digambar menggunakan menu insert -> dwf underlay seperti gambar berikut.

Kemudian untuk hasil seperti berikut ini.

Hasil export file dwf

B. Batas Administrasi Desa/Kelurahan

Tersedianya peta batas wilayah administrasi desa/kelurahan (definitive maupun indikatif). Pembutan batas administrasi desa/kelurahan dilakukan dari aplikasi geokkpweb dengan cara membuat batas administrasi desa dan upload batas wilayah dan untuk tutorial upload batas wilayah bias didownload di url goo.gl/lNm930

C. Persiapan Pembaruan Data Bidang Tanah Terdaftar (K4)

Kondisi bidang tanah terdaftar hasil unduh dari aplikasi KKP terbagi dalam dua kondisi, terpetakan dan belum terpetakan. Bidang tanah belum terpetakan pada sistem kkp status link-up data elektronik, bidang tanah ini termasuk kualitas bidang KW 4, 5 dan 6. Kondisi ini disesbabkan dua hal yaitu sertipikat tidak ada Gambar Situasi (GS) dan sertipikat dengan GS/SU belum/tidak dipetakan pada sistem kkp.Berikut adalah langkah-langkah pengambilan data KW 4, 5 dan 6 pada aplikasi kkp:

Pilih Menu Dashboard -> Kualitas Data

Akan ditampilkan daftar rekap Kualitas Data setiap wilayah. Hasilnya dapat di export ke Excel dengan klik tombol icon excel.

Menampilkan detil kualitas data satu wilayah. Klik icon disamping jumlah buku tanah pada wilayah yang dipilih.

Akan ditampilkan daftar detil buku tanah, hasilnya dapat di export ke file excel dengan cara klik icon excel.

Daftar buku tanah terdaftar tetapi belum/tidak dipetakan hasil export ke file excel

Penyuluhan

Penyuluhan adalah kegiatan sosialisasi untuk memberikan informasi lengkap tentang kegiatan PTSL.

Penyuluhan dilakukan oleh Kantor Pertanahan beserta Panitia Ajudikasi PTSL (Satgas Fisik dan Satgas Yuridis), termasuk dengan SKB jika pekerjaan pengukuran dilaksanakan oleh Pihak Ketiga. Target penyuluhan semua masyarakat yang mempunyai/menguasai bidang tanah di wilayah desa/kelurahan tersebut, baik yang belum bersertipikat maupun yang sudah bersertipikat.

Metode Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah

Metode pelaksanaan kegiatan pengukuran dan pemetaan bidang tanah sistematis lengkap yaitu terestris, fotogrametris, pengamatan satelit dan kombinasi ketiganya. Pemilihan dan penentuan metode pengukuran dan pemetaan di lapangan sepenuhnya menjadi tanggung jawab setiap Kantor Pertanahan.

Kontrol Kualitas Hasil Penggambaran Bidang

Kontrol Kualitas (Geokkpweb)

A. Buka File dwg Hasil Penggambaran

Buka CAD -> Open folder

Pilih file yang akan dibuka dengan klik “open”

B. Standarisasi Gambar Bidang (qcc)

Lakukan standarisasi bidang terlebih dahulu, kemudian ketik command "qcc” -> enter. Maka akan muncul gambar seperti berikut.

Pastikan semua layer standar, kemudian klik icon untuk cek topologi.

Pastikan topology persil dapat dibuat.

Pastikan semua teks tidak ada kesalahan. Selanjutnya klik tombol untuk mencetak laporan kontrol kualitas peta pendaftaran (peta kerja). Apabila tidak bisa mencetak silahkan anda download dan instal CRRedist sesuai tipe dengan sistem operasi komputer/pc yangdigunakan (32 atau 64 bit).

Hasil laporan kontrol kualitas peta pendaftaran sebagai berikut.

Overlay dengan Bidang Tanah di Peta Pendaftaran

Overlaykan hasil Ukur bidang tanah oleh ASN ataupun Pihak Ketiga (KJSKB) dengan bidang tanah di Peta Pendaftaran dengan Pilih menu tab Unduh Persil

Pilih klik Unduh Bidang Sekitar seperti gambar dibawah ini

Pilih

  • Propinsi

  • Kabupaten/kota

  • Kecamatan

  • Desa/Kelurahan sesuai dengan penggambaran bidang tanah.

Pilih

  • Zona TM3 sesuai wilayah

  • Radius Unduhan Bidang tanah sekitar yang ada di peta Pendaftaran dengan maksimal radius 500

Klik “Ambil Titik tengah” lalu klik peta kerja di sekitar di peta kerja penggambaran bidang tanah seperti gambar dibawah ini

Bidang tanah yang berwarna biru adalah bidang tanah yang ada dalam peta pendaftaran (peta kerja) sedangkan bidang tanah yang berwarna merah adalah bidang tanah hasil ukur oleh ASN (petugas ukur).

Overlay dengan Peta Citra

Jika kantor pertanahan memiliki peta citra/peta foto dapat dioverlaykan dengan menu pemetaan kemudian klik insert raster.

Kemudian arahkan ke file peta foto yang diinginkan selanjutnya klik open

klik "Ok" sehingga akan muncul peta foto yang diinginkan kemudian overlaykan dengan peta bidang nya seperti tampilan dibawah ini.

Jika kantor pertanahan tidak memiliki peta citra/peta foto sendiri maka dapat menggunakan perintah gettile untuk dapat memilih jenis peta yang diinginkan.

Overlay dengan Batas Administrasi Desa/Kelurahan

Apabila batas Desa/Kelurahan sudah ada dalam peta pendaftaran silahkan masukkan command IMPADM -> Enter. kemudian klik download pada Desa/Kelurahan yang dimaksud.

Hasil download batas administrasi Desa/Kelurahan

kemudian overlay-kan dengan bidang hasil pengukuran surveyor kadaster berlisensi.

Setelah proses Kontrol Kualitas dilakukan, baik itu hasil penggambaran yang dilakukan oleh surveyor kadaster berlisensi (SKB) maupun oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) tugas selanjutnya adalah melakukan pembuatan peta bidang tanah (PBT)

Pelaksanaan Penggambaran dan Pemetaan di GeoKKP

Proses Penggambaran Bidang Tanah oleh pihak Aparatur Sipil Negara lewat Aplikasi GeoKKP

Login ke GeoKKPWeb Aparatur Sipil Negara

Login ke GeoKKP Web gunakan dan masukkan Nama pemakai dan Password yang sudah terdaftar sebagai Satuan Tugas Fisik, kemudian klik -> Login

Proses Penggambaran Bidang

Menentukan Lokasi bidang tanah dengan Ketik Command “Geocoding” lalu tulis lokasi tujuan dan pilih TM3 dan klik ”ZOOM PILIHAN”. Otomatis lembar peta kerja ke koordinat lokasi tujuan seperti gambar dibawah ini:

Menampilkan BaseMap Online Lokasi dengan menu gettile. Untuk pengaturannya ketik command “tes”, perbaikan citra google sehingga tidak terjadi eror pada pengambilan peta citra dengan menambahkan tile server pada menu bar pengaturan koneksi http://tileserver.bpn.go.id/geocache/GoogleSatelliteMap/{0}/{1}/{2}.png

Siapkan peta pendaftaran 1 (satu) desa melalui Unduh Persil di GeoKKP atau melalui Unduh Persil dalam format SHP di Peta Pendaftaran KKP selanjutnya diimport shp nya ke Geokkp seperti gambar dibawah ini:

Menampilkan Peta Citra dengan mengambil Peta Citra online menggunakan command “gettile” seperti gambar dibawah ini:

Menampilkan Peta Citra Toolbar pada menu Pemetaan kemudian pilih Insert Raster dengan pilihan Skala 1:1000 atau Skala 1:2500 seperti gambar dibawah ini:

Menampilkan Peta Offline dengan ketik command “tes” Terdapat Field server peta offline berfungsi untuk memanggil peta offline kantor yang disesuaikan dengan penyimpanan server kantor misal : (\SRV2205002\dwgsas\Peta)

Dengan command LEMPET untuk menampilkan peta muncul gambar seperti dibawah ini:

untuk nama file disesuaikan dengan format berikut: kodedesa_namadesa.dwg

A. Proses penggambaran Bidang Tanah (NIB)

Proses penggambaran Bidang Tanah (NIB) klik Gambar Batas Bidang untuk penggambaran sesuai koordinat yang didapatkan dari pengukuran dilapangan dan penggambara pada gambar ukur. Seperti gambar dibawah ini:

Bila telah selesai klik icon toolbar , akan tampil dialog Clean Report, klik tombol Reclean sampai errornya bernilai 0 semua.

Setelah gambar di cleanup selanjutnya yaitu membuat topologi bidang dengan cara pilih menu Standarisasi -> Buat Topologi -> Unsur Kadastral -> Batas Bidang atau klik icon toolbar

Apabila setelah ditopologi akan keluar pesan di teksbox command Autocad seperti gambar dibawah ini:

Catatan:

• Menu Informasi tidak digunakan untuk melinkan antara Nomor Identifikasi Bidang(NIB) dengan Berkas untuk di Menu APBN kecuali Proyek BMN

• Melinkan NIB dengan Berkas pada menu APBN lewat Aplikasi web

• Pengisian atribut bidang tanah pada menu APBN di aplikasi web dan untuk rutin tetan tetep lewat aplikasi geokkp

B. Proses Penggambaran bidang tanah Invent

Proses Penggambaran bidang tanah Invent dengan klik Gambar Batas Bidang untuk penggambaran bidang rincikan.

Lakukan penulisan teks NIS, teks nama dan teks alas hak untuk bidang dengan mengklik:

Klik lalu muncul pada pada command seperti gambar ketik angka untuk memulai penomoran awal NIS lalu klik enter dan pilih object untuk penomorannya dan enter.

Klik lalu klik area untuk objek penulisan teks nama dan terdapat command seperti gambar sesuaikan besar kecil ukuran font teks dan rotasi pada teks nya lalu mulai penulisan.

Klik lalu klik area untuk objek penulisan teks nama dan terdapat command seperti gambar sesuaikan besar kecil ukuran font teks dan rotasi pada teks nya lalu mulai penulisan.

klik icon toolbar akan tampil dialog Clean Report, klik tombol Reclean sampai errornya bernilai 0 semua untuk bidang rincikan.

Tools di pembuatan Persil Invent

1. Batas rincikan

Tombol ini digunakan untuk membuat batas garis rincikan untuk bidang pengadaan

2. Menjadi batas rincikan

Tombol ini digunakan untuk untuk gambar bidang yang bukan batas rincikan menjadi batas rincikan

3. Clean batas rincikan

Tombol ini digunakan untuk clean batas garis rincikan pada bidang pengadaan tanah

4. Topologi batas rincikan

Tombol ini digunakan untuk topology batas garis bidang rincikan

5. Tombol buat text Nama rincikan

Tombol ini digunakan untuk membuat Nama pemilik/pengarap rincikan pada bidang Pengadaan Tanah

6. Tombol buat text nomer rincikan

Tombol ini digunakan pembuatan Nomor rincikan bidang Pengadaan Tanah.

7. Tombol buat text alas hak

Tombol ini digunakan untuk alas hak di rincikan bidang pengadaan tanah.

C. Proses Penggambaran Bidang Deliniasi

Proses Penggambaran Bidang Deliniasi dengan melakukan delineasi pada fasos, fasum dan bentang alam berdasarkan citra basemap, delineasi harus membentuk poligon tertutup seperti penggambaran bidang tanah di layer bidang tanah (020100). Buat teks NIS pada bidang tanah hasil delineasi di peta yang akan di beri NIB baru dengan klik icon toolbar NIS atau ketikkan perintah ATN seperti gambar dibawah

Catatan:

Command ATN

Perintah ini akan menggambar teks nomor urut sementara di layer 080201(NIB)!

Tentukan posisi teks Nomor Urut : (klik di dalam poligon bidang misal taman #1)

Tentukan posisi teks Nomor Urut : (klik di dalam poligon bidang berikutnya misal jalan #2)

Tentukan posisi teks Nomor Urut : ESC atau klik kanan

Untuk memastikan terbentuk poligon tertutup di layer Bidang Tanah dapat digunakan fitur Cleanup dan Create Topologi Bidang Tanah.

Bila telah selesai klik icon toolbar , akan tampil dialog Clean Report, klik tombol Reclean sampai errornya bernilai 0 semua.

Setelah gambar di cleanup selanjutnya yaitu membuat topologi bidang dengan cara pilih menu Standarisasi -> Buat Topologi -> Unsur Kadastral -> Batas Bidang atau klik icon toolbar

Seperti gambar dibawah ini

Pemetaan Persil dan Pencetakan Peta Bidang

Pemetaan Persil Bidang Deliniasi untuk Pembuatan NIB Deliniasi

Penggambaran dan pemberian NIS pada bidang telah dilakukan selanjutnya untuk proses pembuatan NIB deliniasi pada menu Pemetaan Persil di GeoKKP seperti gambar dibawah ini:

  1. Pilih Menu Pemetaan Persil

  2. Tentukan Centroid yang akan di buat bidang tanah barunya

  3. Klik Centroid NIS yang telah dibuat

  4. Lengkapi atribut setiap centroid NIS dari pemilihan Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa, Alamat dan Nama Jalan

Setelah pengisian zona TM-3, Desa/Kelurahan dan atribut lainnya sudah yakin kebenarannya selanjutnya klik tombol Buat Bidang Peta Baru

Selanjutnya di Geokkp akan membooking nomor NIB sesuai desa / kelurahan yang dipilih dan akan menggambarkan simbol Bintang sebagai tanda proses pembuatan bidang baru sukses dengan mendapatkan NIB yang ditampilkan dalam centroid dan bidang telah terploting pada peta pendaftaran seperti gambar dibawah ini

Selanjutnya bidang baru hasil delineasi akan ditampilkan di Peta Pendaftaran KKP sebagai layer bidang tanah berwarna biru (Deliniasi) seperti gambar dibawah ini

Proses Pembuatan Bidang Deliniasi selesai dilakukan dan terploting di peta pendaftaran.

Pemetaan Persil Massif

Proses Ploting di Peta Pendaftaran dengan Nomor Identifikasi Bidang yang telah terbuat menggunakan dua cara yaitu:

Lewat Tab Menu Pemetaan -> pilih Import Bidang Tanah Massif seperti gambar dibawah ini:

Pilih:

  • Propinsi

  • Kabupaten/kota

  • Kecamatan

  • Desa /Kelurahan sesuai dengan penggambaran bidang tanah.

  • Pilih Import sampai keluar gambar bintang pada setiap bidang tanah

Lewat ketik Command “PEMPERS” -> Enter seperti gambar dibawah ini:

Pilih:

  • Propinsi

  • Kabupaten/kota

  • Kecamatan

  • Desa /Kelurahan sesuai dengan penggambaran bidang tanah.

  • Pilih Import sampai keluar gambar bintang pada setiap bidang tanah

Pemetaan Persil Penggabungan

Pemetaan persil penggabungan dilakukan untuk hak lama yang bidang tanahnya telah berubah kondisi dilapangan setelah dilakukan pengukuran ulang untuk dijadikan satu bidang tanah (NIB).

Lewat ketik command “PEMPERS” -> Enter seperti gambar dibawah ini

Pilih:

  • Propinsi

  • Kabupaten/kota

  • Kecamatan

  • Desa /Kelurahan sesuai dengan penggambaran bidang tanah.

  • Pilih semua nib yang muncul lalu klik kanan “Gabungkan”

  • Klik Import sampai keluar gambar bintang pada setiap bidang tanah

Pencetakan Peta Bidang Tanah

Klik panel kerja buat layout untuk Pencetakan Peta Bidang seperti gambar dibawah ini.

  1. Klik menu “Buat Layout

  2. Klik gambar “” untuk mengedit template peta bidang

  3. Kik gambar “

  4. Pencetakan peta bidang telah dibuat

Selanjutnya Klik -> pencetakan kemudian pilih Tebal Garis lakukan check -> pada Tambah Selection (untuk kegiatan massal) Lihat prosesnya sesuai Gambar

Hasil Pencetakan Peta Bidang Tanah (PBT) dan Nomor NIB dengan garis bidang tebal adalah nomor NIB yang akan diumumkan

Menampilkan Data Tabel Bidang Tanah

Fitur baru Data Tabel Persil dengan command: “dtp” dan Data Tabel Rincikan dengan command: “dtr” dan Data Tabel persil dalam satu PBT dengan command:’’dtpx’’.

Pada saat setelah melakukan pencetakan peta bidang tanah, ketik Command : “DTP” lalu detilkan dan akan muncul daftar tabel bidang yang berisi Nib, Luas, Koordinat bidang seperti gambar dibawah ini:

Pada saat setelah melakukan pencetakan peta bidang rincikan, ketik Command : “DTR” lalu detailkan dan akan muncul daftar tabel bidang yang berisi No Rincikan, Luas, Alas Hak, Pemilik seperti gambar dibawah ini:

Pada saat setelah terbuat Nib dan mendapatkan PBT Ketik Command “DTPX” lalu detailkan dan akan muncul daftar tabel bidang yang berisi Nib, Luas, Koordinat Bidang, Nama Pemilik, Nomor Berkas seperti gambar dibawah ini:

Proses Pembuatan PBT oleh Pihak Aparatur Sipil Negara Pekerjaan Pihak Ketiga (Surveyor Kadaster Berlisensi)

Membuat Peta Bidang KJSKB

Klikmenu “Pemetaan” -> Membuat Peta Bidang KJSKB

Pilih Kegiatan susuai daftar proyek, pilih surveyor dan desa kelurahan. Setelah itu ketik tanda terima yang akan diproses pembuatan Peta Bidang Tanah seperti gambar dibawah ini

Setelah klik "cari" akan muncul tanda terima jumlah bidang pada Desa/Kelurahan yang menjadi obek pengukuran SKB. apabila bidang tanah hasil pengukuran telah melewati tahapan kontrol kualitas dan memenuhi syarat kontrol kualitas data, maka dapat dilanjutkan untuk dibuatkan PBT dengan cara klik tombol "Terima PBT". Sedangkan hasil pengukuran SKB yang tidak memenuhi syarat kontrol kualitas maka tanda terima jumlah bidang pada desa tersebut ditolak dengan cara klik tombol "Tolak PBT".

Pilih nomor tanda terima yang akan di tolak -> Tombol "Tolak PBT".

Tampilan Tolak PBT setelah itu lalu ceklist mengenai alasan penolakan pembuatan PBT dan juga bias menambahkan alasan didalam box isian. Klik “Proses” untuk penolakan PBT

Pilih nomor tanda terima yang akan diterima -> Tombol "Terima PBT". Pilih “Yes” atau “No” untuk pembuatan PBT didesa tersebut sudah sesuai atau belum.

Notifikasi Pembuatan PBT untuk nomor PBT yang telah dibuat sesuai nama surveyor serta wilayah desa yang telah sesuai seperti gambar dibawah ini

Import Batas Wilayah pada GeoKKP

Penggambaran Batas Wilayah dengan Menu IMPADM

Penggambaran batas wilayah telah dilakukan dan selanjutnya klik toolbar “Standarisasi” lalu pilih menu “Jadikan Objek Linear” lalu pilih “UnsurAdministrasi” dan pilih batas sesuai batas wilayah nya dan klik layer batas wilayah seperti gambar di bawah ini:

Lakukan clean up dengan pilih Standarisasi -> Clean Up -> Unsur Administrasi -> Batas wilayah sesuai yg diupload, akan tampil dialog Clean Report, klik tombol Reclean sampai errornya bernilai 0 semua seperti gambar dibawah ini:

Setelah gambar di cleanup selanjutnya yaitu membuat topologi bidang dengan cara pilih menu Standarisasi -> Buat Topologi -> Unsur Administrasi -> Batas Wilayah sesuai yang diupload seperti gambar dibawah ini:

Import Batas Wilayah

Lakukan Import Batas Wilayah dengan ketik menu “IMPADM” dan klik “UPLOAD” lalu pilih centroid teks batas wilayah dan klik “ENTER” sampai keluar gambar bintang pada centroid batas wilayah. tampilan seperti gambar dibawah ini:

Import Batas Wilayah Kepulauan

Import Batas Wilayah untuk wilayah kepulauan dengan ketik menu “IMPADM” dan klik “UPLOAD” lalu pilih centroid-centroid pada setiap teks batas wilayah dan klik “ENTER” sampai keluar gambar bintang pada centroid batas wilayah. tampilan seperti gambar dibawah ini:

Pemetaan Partisipatif

Menu baru Pemetaan Partisipatif untuk validasi di aplikasi Sentuh Tanahku dengan pilih menu “Pemetaan Partisipatif” seperti gambar dibawah ini:

Pada menu pemetaan partisipatif apabila sudah melakukan pemetaan diaplikasi sentuh tanahku, nomor hak bisa di cek bidang tanah dan dilakukan pengceka apakah valid ataupun tidak valid

Panggil nomor hak yang akan dilakukan pengecekan dengan klik seperti gambar dibawah ini

Apabila sudah valid atau belum klik lalu akan muncul tabel keterangan serta bisa dilakukan apakah valid atau tidak