Force Majeure

Berikut merupakan halaman untuk memberikan panduan ketika menghadapi Force Majeure.

Force majeure dalam sistem HT Elektronik adalah keadaan-keadaan yang terjadi di luar kendali manusia, keadaan tertentu yang dimakasud dalam ketentuan Permen HT Elektronik merupakan keadaan-keadaan yang menyebabkan suatu sistem elektronik mejadi terganggunga. Kategori berkas yang termasuk force majeure yaitu sebagai berikut:

1. Gangguan jaringan (server down);

2. Berkas ditutup by system di hari ke 5 karena sudah melakukan pembayaran, dan kemudian ada notifikasi NTPN masuk dan harus dengan mengupload bukti NTPN dan Surat Keputusan/Berita Acara Kepala Kantor (Berkas sudah di bayar tetapi Kode Billing tidak terbaca status pembayarannya oleh system);

3. Berkas yang statusnya ditangguhkan, namun dari pihak kreditur dan PPAT tidak melakukan perbaikan data sampai dengan status berkasnya di tutup pada hari jatuh tempo Hak Tanggungan.

Login User

Force majeure dilakukan dari aplikasi https://htel-pelaksana.atrbpn.go.id oleh user yang terdaftar sebagai pelaksana. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pengguna melakukan input username yang telah didaftarkan pada Aplikasi Pelayanan Pertanahan

Selanjutnya pengguna menginputkan password sesuai dengan yang telah didaftarkan

Klik tombol Masuk, maka pengguna akan diarahkan ke halaman Pilih Kantor

Pilih Kantor Petugas (Misal Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik)

Klik tombol Masuk, maka akan menampilkan halaman Beranda seperti berikut

Pilih Menu Force Majeure

Force Majeure Gagal NTPN

Pada menu Force Majeure pelaksana dapat memonitoring berkas Force Majeure dan mengupload bukti NTPN dan Surat Keputusan/Berita Acara Kepala Kantor.

Berikut merupakan tampilan untuk Force Majeure Gagal NTPN.

Klik Buat Berkas Force Majeure, maka akan langsung menampilkan pencarian berkas gagal NTPN

Pilih Bank dan lakukan input pada nomor berkas dan tahun berkas gagal NTPN, klik Cari Berkas

Maka akan menampilkan informasi terkait berkas seperti tampilan berikut.

Menampilkan informasi terkait daftar kreditur dan informasi akta hak tanggungan

Menampilkan informasi Sertipikat yang Ditangguhkan dan Dokumen yang Diunggah PPAT

Menampilkan informasi Dokumen yang Diunggah Kreditur

Menampilkan informasi terkait Dokumen Produk Berkas dan Status Pembayaran

Jadikan berkas Force Majeure dengan melakukan unggah bukti NTPN dan Surat Keputusan/Berita Acara Kepala Kantor.

Klik Pilih File untuk Unggah Bukti NTPN

Pilih file .pdf bukti NTPN yang akan di-upload

Tampilan unggah bukti NTPN, klik Close (File Unggahan tersimpan secara otomatis)

Klik Pilih File untuk Unggah Surat Pernyataan

Pilih file .pdf Surat Keputusan/Berita Acara dari Kepala Kantor dan klik Proses apabila file unggahan sudah selesai diunggah.

Maka akan menampilkan pop up informasi berkas telah berhasil diproses

Klik OK untuk menutup tampilan pop up informasi

Aplikasi HTEL Login Bank

Setelah melakukan langkah – langkah diatas, kemudian user atau pengguna masuk ke aplikasi Htel Login Bank https://htel.atrbpn.go.id/. Berikut langkah – langkahnya dibawah ini:

Klik menu Pelayanan

Klik submenu Daftar Ulang HT

Pilih Kantor Wilayah dan Kantor Pertanahan

Input Nomor Berkas dan Tahun Berkas

Klik Cari Berkas maka akan menampilkan berkas dan klik berkas untuk menampilkan detail berkas

Pilih menu Lengkapi untuk melihat Surat Perintah Setor (SPS)

Klik menu Hak Tanggungan pada menu Pelayanan

Pilih Kantor Wilayah dan Kantor Pertanahan

Klik nomor berkas maka akan berubah menjadi berkas baru

Input data sertipikat, lokasi, No Hak, Peringkat, Nama PPAT, No Akta, Tgl Akta, DI 301 (Tahun & Tgl), DI 207 (Tahun & Tgl), DI 208 (Tahun & Tgl), Pemegang Hak (Nama & Keterangan), dan Penunjuk.

Klik Proses

Berkas sertipikat sudah di proses

Cek berkas yang baru di menu Hak Tanggungan

Pilih menu Melengkapi dan pilih Dokumen maka Draft Sertipikat Hak Tanggungan akan muncul

Klik Draft Catatan, maka Draft Catatan akan muncul