PANDUAN APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ELEKTRONIK

Kementerian ATR/BPN saat ini telah meluncurkan pelayanan elektronik yang dapat digunakan oleh PPAT,Jasa Keuangan dan Kreditur Perorangan untuk mendaftarkan permohonan layanan informasi pertanahan secara langsung tanpa perlu ke kantor pertanahan lagi. Jenis layanan pertanahan yang disediakan saat ini adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendftaran Tanah, Informasi Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti dan Hak Tanggungan yang meliputi Cassie dan Roya.

1

  • Menu Sekilas berisi informasi tentang tujuan pembuatan aplikasi Layanan Elektronik; (nomor 1)
  • Menu Aturan berisi informasi tentang dasar hukum yang mendukung Layanan Pertanahan Elektronik; (nomor 2)
  • Menu Lokasi berisi informasi tentang lokasi pelaksanaan Layanan Pertanahan Elektronik untuk PPAT dan Jasa Keuangan; (nomor 3)
  • Menu Alur berisi informasi tentang alur Layanan Pertanahan Elektronik; (nomor 4)
  • Menu Pelayanan berisi tentang Permohonan Pelayanan Pertanahan; (nomor 5)
  • Menu FAQ berisi informasi tentang pertanyaan yang sering ditanyakan terkait aplikasi Layanan Pertanahan Elektronik. (nomor 6)

Logi User

Hak Tanggungan Perorangan dilakukan dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id oleh user yang terdaftar sebagai PPAT. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

2

  • Klik menu Pelayanan; (nomor 1)
  • Klik Login. (nomor 2)

3

  • Input nama pengguna PPAT untuk mendaftarkan Hak Tanggungan Kreditur Perorangan; (nomor 3)
  • Input kata sandi; (nomor 4)
  • Ceklis tetap login; (nomor 5)
  • Klik login. (nomor 6)

Hak Tanggungan Kreditur Perorangan

Akta Pemberian Hak tanggungan adalah jaminan pelunasan hutang yang dibebankan pada suatu hak atas tanah, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang ada di atasnya yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan hutang tertentu yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur terhadap kreditur lainnya.

Untuk pembuatan berkas “Hak Tanggungan Perorangan” user dapat mengakses dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id, user PPAT mendaftakan berkas Hak tanggungan untuk kreditur perorangan setelah APHT telah di daftarkan. User PPAT ke aplikasi Layanan pertanahan elektronik kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

4

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik Pelayanan (nomor 1)
  • Klik “Hak Tanggungan” (nomor 2)
  • Pilih Kantor wilayah (nomor 3)
  • Pilih Kantor pertanahan (nomor 4)
  • Input nomor berkas (Jika sebelumnya sudah pernah membuat berkas Hak Tanggungan) (nomor 5)
  • Input tahun berkas (Jika sebelumnya sudah pernah membuat berkas Hak Tanggungan) (nomor 6)
  • Klik berkas baru. (nomor 7)

5

  • Maka muncul pop up konfirmasi klik proses (nomor 8)

6

  • Maka muncul pop up konfirmasi yang menampilkan nomor dan tahun berkas klik proses (nomor 9)

Melengkapi Entrian

Pada menu entri user menginputkan beberapa isian form untuk kelengkapan berkas Hak Tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

7

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih PPAT (nomor 1)
  • Input nomor akta (nomor 2)
  • Input kode akta (nomor 3)
  • Klik cari akta (nomor 4)

8

  • Tampilan informasi akta (nomor 5)
  • Klik simpan akta (nomor 6)

9

  • Hasil informasi akta (nomor 7)
  • Akta (nomor 8)
  • Para pihak (nomor 9)
  • Sertipikat (nomor 10)

Upload Dokumen

Pada menu upload dokumen user memilih beberapa file pdf untuk kelengkapan berkas hak tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

10

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik unggah file pdf formulir permohonan (nomor 1)
  • Klik unggah file pdf dokumen lainnya (nomor 2)
  • Klik lanjut untuk proses selanjutnya (nomor 3)

11

  • Contoh upload file formulir permohonan (nomor 4)
  • Klik menu menggunggah (nomor 5)

12

  • Contoh upload dokumen lainnya (nomor 6)
  • Klik mengunggah (nomor 7)

Konfirmasi Berkas

Untuk melanjutkan berkas, user harus melakukan konfirmasi data yang sebelumnya di inputkan. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

  • Info detail daftar debitur (nomor 1)
  • Info detail sertipikat yang ditanggungkan (nomor 2)
  • Info detail akta hak tanggungan (nomor 3)
  • Info detail dokumen yang diunggah PPAT (nomor 4)
  • Info detail dokumen yang diunggah kreditur (nomor 5)
  • Klik button pernyataan kesesuaian data (nomor 6)
  • Klik lanjut (nomor 7)

13

Surat Perintah Setor

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

14

  • Klik tombol lanjut (nomor 1)
  • Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali;
  • Surat Perintah Setor akan otomatis di kirim ke alamat email terdaftar (ke email kreditur perorangan).

15

Tampilan notifikasi dan lampiran SPS yang dikirim ke email users (ke email Kreditur Perorangan)16

Status Pembayaran

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini:

17

  • Klik lanjutkan (nomor 1)

Pencetakan Sertipikat dan Dokumen Hak Tanggungan

Pencetakan sertipikat dan dokumen hak tanggungan memuat informasi sebagai berikut:

18

  • Tampilan pencetakan sertipikat hak tanggungan sebelum terbit (nomor 1)

19

  • Tampilan pencetakan sertipikat hak tanggungan pada hari ke 7 sesudah terbit (nomor 2)

20

  • Klik Sertipikat untuk melihat dan menyimpan draft setipikat Hak Tanggungan (nomor 3)

21

  • Tampilan draft sertipikat Hak Tanggungan

22

23

  • Klik Catatan untuk melihat dan menyimpan draft setipikat Hak Tanggungan, kemudian cetak pada kertas stiker dan tempel di catatan Sertipikat Tanah. (nomor 4)