Panduan Merger dan Ganti Nama

Kementerian ATR/BPN saat ini telah meluncurkan pelayanan elektronik yang dapat digunakan oleh PPAT dan Jasa Keuangan, untuk mendaftarkan permohonan layanan informasi pertanahan secara langsung tanpa perlu ke kantor pertanahan lagi. Jenis layanan pertanahan yang disediakan saat ini adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendftaran Tanah, Informasi Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti dan Hak Tanggungan yang meliputi Cassie dan Roya.

Login User

Monitoring berkas untuk Pelayanan Merger dan Ganti Nama dilakukan dari aplikasi https://htel-pelaksana.atrbpn.go.id oleh user yang terdaftar sebagai OPERATOR. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Input nama pengguna sesuai dengan user Kreditur;

  2. Input kata sandi;

  3. Klik Login.

Pada menu ini user dapat memilih menu Pelayanan yang meliputi Hak Tanggungan, Roya, Cessie, Subrogras, Merger, Ganti Nama, Meger + Ganti Nama, Perbaikan Data HT, Tutup berkas, Persetujuan Kreditur, Daftar Ulang HT.

  1. Klik Menu pelayanan lalu pilih Menu Merger + Ganti Nama;

  2. Input Nomor HT, Tahun HT, dan Kode HT;

  3. Klik Cari untuk memunculkan informasi HT;

  4. Klik Unggah;

  5. klik Lihat file HT yang sudah diunggah;

  6. Tampilan Informasi Hak Tanggungan yang diinput;

  7. Input formulir Surat Permohonan;

  8. Unggah Surat Tanda Bukti Peralihan Piutang;

  9. Upload Dokumen Penunjang lainnya;

Konfirmasi Berkas untuk melihat berkas yang sudah diinput pada halaman pertama untuk menyesuaikan data ;

Klik centang pada kolom pernyataan kesesuaian data lalu klik simpan dan lanjut.

Pembuatan Surat Perintah Setor, Apabila sudah melakukan pembayaran silahkan klik tombol lanjut.

Notifikasi Pembayaran ,Apabila berkas sudah dibayar maka akan muncul status pembayarannya dan silahkan klik lanjut.

Apabila berkas sudah dibayarkan maka pada tahap akhir (step 5) akan ada muncul informasi Pembuatan dokumen masih dalam proses validasi dan verifikasi. Silahkan koordinasi dengan kantor pertanahan untuk tahap validasi dan verifikasi, Karena berkas akan diperiksa oleh kantor pertanahan terlebih dahulu dan di TTE (Tanda Tangan Elektronik) oleh pejabat berwenang di kantor pertanahan tersebut.

Pada menu ini user dapat memilih menu Pelayanan yang meliputi Hak Tanggungan, Roya, Cessie, Subrogras, Merger, Ganti Nama, Meger + Ganti Nama, Perbaikan Data HT, Tutup berkas, Persetujuan Kreditur, Daftar Ulang HT.

  1. Pilih menu monitoring merger + ganti nama kemudian pilih sub menu pelaksana;

  2. Pilih Bank;

  3. Input Nomor dan Tahun Berkas Merger + Ganti Nama;

  4. Klik cari berkas;

  5. Klik cek untuk memeriksa berkas Merger + Ganti Nama;

Pastikan nama kolom pemegang hak merger dan ganti nama nya sudah sesuai;

Klik simpan untuk menyimpan data yang sudah diperbarui;

Klik lihat draft untuk cek kesesuaian data pada sertipikat HT;

Apabila Draft sudah sesuai , Silahkan kirim ke penandatangan;

Pilih Submenu Penandatangan

Klik perbaiki data apabila pada draft sertipikat masih terdapat kesalahan data;

Klik Tandatangani apabila data sudah sesuai;

Masukan passphrase pejabat sesuai nama penandatangan;

Klik proses;

Klik selesai setelah berkas berhasil di TTE.