Panduan Verifikasi Akun Administrator Pusat Kantor Jasa Keuangan

‚Äč Aplikasi Pelayanan Pertanahan (Verifikator) merupakan aplikasi yang digunakan oleh Pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang ditunjuk sebagai Verifikator untuk melakukan kegiatan verifikasi akun Jasa Keuangan.

Login

Verifikator melakukan login ke Aplikasi melalui https://mitra.atrbpn.go.id/verifikator, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

1

  • Input nama pengguna sama dengan akun KKP; (Nomor 1)

  • Input kata sandi sama dengan akun KKP; (Nomor 2)

  • Klik login. (Nomor 3)

2

  • Kantor Pertanahan sesuai dengan satuan kerja; (Nomor 4)

  • Klik sign in. (Nomor 5)

3

  • Pilih "Jasa Keuangan" (Nomor 6)

4

  • Klik Pilih. (Nomor 7)

Beranda

Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan beranda aplikasi seperti tampilan berikut :

5

Pada menu dropdown Data Jasa Keuangan terdapat pilihan seperti berikut:

6

  • Jasa Keuangan, berfungsi untuk melihat data-data terkait kantor Jasa Keuangan; (Nomor 1)

  • Jasa Keuangan terVerifikasi, berfungsi untuk melihat kantor Jasa Keuangan yang sudah terVerifikasi; (Nomor 2)

  • User Jasa Keuangan, berfungsi untuk mengecek data administrator yang akan di Verifikasi. (Nomor 3)

Jasa Keuangan

Berikut ini merupakan tampilan untuk submenu Jasa Keuangan, apabila anda akan melakukan Verifikasi Kantor Jasa Keuangan maka dicari dulu Nama Kantor, maka akan tampil sebagai berikut:

7

  • Klik Detail pada masing-masing Jasa Keuangan untuk melihat informasi terkait Jasa Keuangan yang terdaftar; (Nomor 1)

8

  • Verifikator mengecek file yang telah diupload oleh Jasa Keuangan seperti NPWP dan AKTA kreditur dengan klik tools; (Nomor 2)

  • Klik lihat file Kantor; (Nomor 3)

9

  • Klik lihat; (Nomor 4)

  • Preview dari file akta pendirian kreditur; (Nomor 5)

  • Klik tutup. (Nomor 6)

Catatan :

Akta Pendirian dan Akta Perubahan yang diupload oleh Kantor Jasa Keuangan harus sesuai dengan nama Kantor Jasa Keuanganya tersebut, apabila terdapat perbedaan maka Verifikator harus mencatat kekurangan/perbedaan tersebut dan memberitahukan kepada Kantor Jasa Keuangan dengan bantuan email melalui tool yang telah tersedia di aplikasi.

10

  • Tombol kirim ke Email Kantor digunakan jika verifikator akan menyampaikan catatan kekurangan kegiatan Verifikasi Kantor Jasa Keuangan ke Email Kantor Jasa Keuangan yang bersangkutan. Dengan cara klik tombol kirim ke email kantor, mencari nama kantor, mimilih kode kantor dan isi pesan kemudian kirim sesuai tampilan sebagai berikut: (Nomor 7)

11

  • Tombol kirim ke Email User digunakan jika verifikator akan menyampaikan catatan kekurangan kegiatan Verifikasi Kantor Jasa Keuangan ke Email Administrator Pusat Kantor Jasa Keuangan. Dengan cara klik tombol kirim ke email user, mencari nama, mimilih NIK dan isi pesan kemudian kirim sesuai tampilan sebagai berikut: (Nomor 8)

12

User Jasa Keuangan

Berikut ini tampilan untuk submenu User Jasa Keuangan, Apabila anda akan melakukan Verifikasi User Administrator Kantor Jasa Keuangan dipastikan User sudah divalidasi seperti tampilan sebagai berikut :

13

  • Klik Detail pada masing-masing User Jasa Keuangan untuk melihat informasi terkait User Jasa Keuangan yang terdaftar dan akan dilakukan Verifikasi; (Nomor 1)

14

  • Verifikator mengecek file yang telah diupload oleh Jasa Keuangan seperti Fotocopy KTP, SK Pengangkatan dan Surat Penunjukan dengan klik tools; (Nomor 2)
  • Klik lihat file User; (Nomor 3)

15

  • Pilih jenis file; (Nomor 4)

  • Klik lihat; (Nomor 5)

  • Preview dari file SK Pengangkatan; (Nomor 6)

  • Klik tutup. (Nomor 7)

Catatan:

  1. SK Pengangkatan sebagai pegawai dibubuhi dengan tanda tangan pejabat yang berwenang dan stempel Kantor Jasa Keuangan;

  2. SK Penunjukan harus menyebutkan sebagai Administrator HT elektronik dan dibubuhi tandatangan pejabat yang berwenang dan stempel Kantor Jasa Keuangan.

Apabila File Kantor dan File User sudah sesuai maka selanjutnya di Upload Surat Aktivasi dan lampiran pendaftaran sebagai Administator seperti tampilan sebagai berikut:

16

  • Klik unggah, kemudian pilih tempat penyimpanan berkas, klik file yang akan di unggah. (Nomor 8)

17

  • Klik unggah, setelah berhasil akan muncul notifikasi file telah di upload; (Nomor 9)

  • Klik tutup. (Nomor 10)

18

  • Kemudian setelah semua pemeriksaan upload File Kantor Jasa Keuangan dan File User Administaror sudah sesuai dan benar selanjutnya dilakukan proses Verifikasi dengan mengklik Verifikasi. (Nomor 11)

19

----------------------------------------------------------Proses Verifikasi telah selesai-----------------------------------------------------