PANDUAN RAPAT ONLINE

PANDUAN ZOOM MEETING DENGAN AKUN BERLISENSI

1

  • Buka aplikasi zoom meeting yang sudah di download (nomor 1)
  • Klik sign in (nomor 2)

2

  • Isi alamat email dan password untuk login (nomor 3)

3

  • Tampilan home zoom setelah login menggunakan menggunakan akun berbayar (nomor 4)
  • Untuk mengatur jadwal meeting pada apliksi zoom klik schedule (nomor 5)

4

  • Tampilan menu schedule meeting terdapat menu berikut (nomor 6)
  • Topic di isi dengan nama agenda meeting (nomor 6.1 )
  • Start di isi dengan tanggal meeting/rapat dan atur waktu pelaksanaannya (nomor 6.2)
  • Duration di isi dengan durasi waktu rapat yang akan dilaksanakan, khusus untuk akun berlisensi tidak ada batasan waktu (nomor 6.3)
  • Atur zona waktu sesuai wilayah host (host merupakan orang yang mengadakan video pertemuan yang nantinya bertugas mengundang orang lain untuk bergabung ke meeting online) berada (nomor 6.4)
  • Meeting Id di pilih personal meeting ID (setiap akun meeting id nomornya akan berbeda-beda di setting oleh sistem) (nomor 6.5)
  • Password di atur dengan sedemikian rupa menggunakan alpa dan numerik maksimal 10 karakter (nomor 6.6 )
  • Video atur dengan memilih *host * (nomor 6.7 )
  • Participants atur dengan memilih *On * (nomor 6.8)
  • Audio atur dengan memilih telepon dan computer audio (nomor 6.9 )
  • Calendar diatur dengan memilih google calendar (nomor 6.10 )
  • Advance options atur dengan memilih *automatically record meeting on the local computer * (nomor 6.11 )
  • Terakhir klik Schedule (nomor 6.12)

5

  • Tampilan setelah mengatur jadwal meeting (nomor 7)

6

  • Klik menu meeting maka akan tampil detail jadwal meeting (nomor 8)

7

  • Tampilan pada saat zoom meeting sedang berlangsung, klik Record to the cloud (nomor 9)

8

  • Tampilan pada saat memulai rekaman zoom meeting (nomor 10)

9

  • Untuk memberhentikan perekaman pada saat zoom meeting klik stop recording (nomor 11)
  • Pada saat muncul notifikasi Klik yes (nomor 12)

10

  • Untuk melihat hasil rekaman zoom meeting yang di simpan di cloud, klik meeting (nomor 13)
  • Klik recorded (nomor 14)
  • Pilih hasil rekaman zoom meeting (nomor 15)
  • Klik open hasil rekaman zoom meeting (nomor 16)

11

  • Sign in dengan mengisi email yang di pakai pada saat melakukan zoom meeting (nomor 17)
  • Isi password (nomor 18)
  • Klik sign in (nomor 19)

12

  • Tampilan hasil rekaman zoom meeting yang sudah terupload di cloud (nomor 20)
  • Klik download jika ingin menyimpan hasil rekaman zoom meeting pada Komputer/laptop (nomor 21)

13

  • Hasil download rekaman zoom meeting (nomor 22)

14

  • Klik copy share link untuk membagikan hasil rekaman zoom meeting kepada peserta zoom meeting yang lainnya (nomor 23)
  • Link berhasil di copy (nomor 24)