MODUL APLIKASI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) FISIK

Kegiatan Satuan Tugas Fisik sebagaimana telah dijelaskan pada diagram alur. Tampilan Alur Pelaksanaan PTSL dengan keterangan Kotak warna hijau dan warna ungu antara lain:

Profile pelaksana pada Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Fisik

Pada Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Fisik dapat diakses pada link http://ptsl.atrbpn.go.id/fisik dengan menggunakan user login Pelaksana Tugas Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Tim Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Pada Aplikasi ini, Pelaksana Tugas Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dapat melaksanakan pembuatan berkas fisik, pembuatan Berita Acara Kluster 4 (K4), Pengolahan Gambar Ukur (GU), Pemberkasan PBT, pembuatan Nominatif Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah, pembuatan Pengumuman berkas fisik, Pengesahan Pengumuman berkas fisik, Penyelesaian Kluster K3.3 (K3.3), Pembatalan Kluster K3.3 (K3.3), Penerbitan Surat Ukur, Penyelesaian Surat Ukur, pembuatan Peta Pendaftaran, Registrasi Surveyor, Pencairan Surveyor, Rekap Produk dan Hak Akses.

Pembuatan Berkas Fisik Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Pembuatan Berkas dilakukan dengan klik tombol Buat Berkas, seperti tampilan berikut:

Pembuatan Berkas

Setelah klik tombol Buat Berkas, maka akan menampilkan tampilan seperti berikut

Buat Berkas Baru

Lengkapi isian berikut ini:

  1. Pilih Nama proyek yang telah dibuat diaplikasi KKP-PTSL Ketatausahaan

  2. Pilih/ketik nama Desa/Kelurahan yang akan dibuat berkas

  3. Inputkan jumlah berkas yang akan dibuat. Jumlah maksimal pembuatan berkas dalam satu kali pembuatan berkas adalah sebanyak 50 berkas

  4. Klik tombol Buat Berkas, jika berkas berhasil dibuat maka akan ditampilkan notifikasi seperti berikut:

Notifikasi Berkas Berhasil Dibuat

Setiap berkas yang berhasil dibuat akan mendapatkan daftar isian 302 & 305.

Selanjutnya user dapat mencari berkas yang sudah di buat dengan menginput Nomor Berkas, Tahun Berkas dan Desa/Kelurahan (tidak mandatory), klik tombol Cari Berkas seperti tampilan berikut:

Pencarian Berkas

Pilih berkas yang akan dilengkapi

Pilihan Dokumen Entri

Selanjutnya pilih jenis dokumen Fotocopy KTP/Identitas Pemohon dan klik tombol Entri, seperti gambar dibawah ini

Entri Dokumen

Pilih jenis pemohon, pilihan yang disediakan adalah tipe pemohon Perorangan, Perorangan Tanpa Cek NIK, Instansi Pemerintah dan Badan Hukum

Pilih Tipe Pemohon

Entri Berkas Fisik

Pada menu ini pelaksana tugas Fisik dapat mengentri berkas fisik dengen beberapa opsi, antara lain sebagai berikut:

Entri Nama Pemohon Perorangan

Pada menu ini pelaksana tugas Fisik dapat mengentri berkas fisik dengan cara sebagai berikut:

Input data pemohon tipe perorangan, dilakukan dengan input NIK. Kemudian klik tombol Cek NIK, maka aplikasi akan tampil permintaan data seperti di bawah ini.

Pilih Tipe Pemohon

Apabila sesuai maka data pemohon akan ditampilkan kemudian klik simpan.

Data Pemohon

Hasil Data Pemohon

Entri Nama Pemohon Perorangan Tanpa Cek NIk

Pada menu ini pelaksana tugas Fisik dapat mengentri berkas fisik dengan cara sebagai berikut:

Input data pemohon dengan tipe Perorangan Tanpa Cek NIK dipilih ketika NIK pemohon tidak ditemukan pada server DUKCAPIL, adapun caranya dengan melengkapi semua kolom seperti gambar dibawah ini:

Informasi Data Tipe Pemohon

Klik tombol Unggah File untuk mengunggah KTP pemohon dan klik tombo lTambah

Entri Nama Pemohon Instansi Pemerintah

Pada menu ini pelaksana tugas Fisik dapat mengentri berkas fisik dengan cara sebagai berikut:

Input data pemohon dengan tipe Instansi Pemerintah, akan ditampilkan inputan Nama seperti gambar dibawah ini:

Data Pemohon Instansi Pemerintah

Klik Tambah

Hasil Data Pemohon Instansi Pemerintah

Entri Nama Pemohon Badan Hukum

Pada menu ini pelaksana tugas Fisik dapat mengentri berkas fisik dengan cara sebagai berikut:

Input data pemohon dengan tipe Badan Hukum, akan ditampilkan isian Nama dan Alamat seperti gambar berikut.

Data Pemohon Badan Hukum

Klik Tambah

Hasil Data Pemohon Badan Hukum

Pengolahan Gambar Ukur (GU)

Menu ini digunakan untuk pengambilan nomor Gambar Ukur (GU) untuk penomoran Gambar Ukur satgas fisik ASN, untuk melakukan upload Gambar Ukur hasil satgas fisik ASN dalam format PDF yang bersifat mandatory/wajib dan melinkkan gambar ukur dengan berkas.

Pembuatan Nomor Gambar Ukur (GU)

  1. Pilih menu Pengolahan Gambar Ukur

  2. Klik Buat Gambar Ukur

Pencarian Gambar Ukur

Pilih Nama proyek dan Pilih Desa/Kelurahan dan klik Simpan

Proses Buat Gambar Ukur

Jika Gambar Ukur berhasil dibuat akan ditampilkan notifikasi seperti berikut:

Notifikasi Gambar Ukur

Proses Pengolahan Gambar Ukur (GU)

Selanjutnya adalah melakukan pencarian Gamabar Ukur yang sudah di buat dengan cara memasukan nomor gambar ukur, tahun, dan nama desa/kelurahan kemudian klik tombol “Cari Gambar Ukur” dan pilih Gambar Ukur yang akan di entri. Setelah itu Petugas Ukur wajib melakukan pengisian data penggolahan Gambar Ukur dengan meng-entri:

  1. Isi No Peta Pendaftaran

  2. Isi No Peta Kerja/Foto

  3. Isi No Surat Tugas

  4. Isi Tanggal Surat

  5. Pilih Jenis Alat Ukur

  6. Isi jumlah bidang

  7. Isi Tanggal Gambar Ukur

  8. Pilih Nama Petugas Ukur

  9. Klik tambahkan

  10. Upload gambar ukur hasil pengukuran format PDF

  11. Klik tombol Simpan

Proses Pengelolaan Gambar Ukur

Jika Gambar Ukur berhasil di update akan ditampilkan notifikasi seperti berikut:

Notifikasi Gambar Ukur Berhasil Diupdate

Tahapan Pemberkasan adalah proses untuk me-link-kan nomor Gambar Ukur dengan berkas. Untuk berkas yang sudah link dengan Nama Pemohon akan tampil di detail berkas dan akan di-link-an dengan Gambar Ukur.

  1. Inputkan nomor berkas

  2. Inputkan Tahun Berkas

  3. Pilih Desa/Kelurahan

  4. Klik Cari, ceklis berkas yang akan dilinkan dengan GU

  5. Klik Proses Link. Satu nomor Gambar Ukur dapat dilinkan dengan beberapa berkas.

Tampilan Pemberkasan

Pemberkasn Peta Bidang Tanah (PBT)

Menu ini digunakan untuk me-linkan persil (NIB) yang terdapat dalam satu PBT yang merupakan hasil pengolahan data dan integrasi di GEOKKP oleh satgas fisik ASN.

Catatan:

* Panduan Aplikasi GeoKKP Proses Penggambaran Bidang Tanah (NIB) dapat dilihat pada menu FITUR PENDUKUNG atau dapat diakses melaluilink

Pemberkasan PBT pada Aplikasi PTSL Fisik

  1. Inputkan Nomor PBT, Tahun PBT, dan Pilih Desa/Kelurahan

  2. Klik Cari

Maka akan tampil PBT yang belum link. Klik No PBT yang akan di-link-kan

Pencarian Nomor PBT

langkah selanjutnya melinkkan persil (NIB) dengan berkas, dengan langkah sebagai berikut :

  1. Inputkan No Berkas

  2. Inputkan Tahun Berkas

  3. Pilih Desa/Kelurahan

  4. klik cari (Untuk No NIB akan tampil di detail dari Peta Bidang dan detail berkas)

  5. Klik icon No NIB yang akan di-link-kan

  6. Klik icon No Berkas yang akan di-link-kan dengan NIB, seperti tampilan berikut:

Proses Link NIB dengan Berkas

Hasil Proses Link NIB dengan Berkas

Catatan: * Syarat wajib untuk melanjutkan proses (Kelengkapan data Gambar Ukur)

Pengumuman Klarifikasi

Pengumuman klarifikasi dilakukan oleh satuan tugas fisik dan digunakan untuk mengumumkan PBT selama 3 hari kalender.

Pengumuman Klarifikasi

  1. Klik pengumuman

  2. Masukkan nomor PBT

  3. Tahun PBT

  4. Pilih nama proyek

  5. Pilih desa/kelurahan

  6. Klik cari PBT

  7. Ceklis bidang tanah

  8. Klik umumkan berkas

Selanjutnya pilih nama penandatangan pengumuman klarifikasi

Pilih Nama

  1. Pilih Nama Wakil Ketua Bidang (Nomor 9)

  2. Klik Proses Fisik (Nomor 10)

Pengesahan Pengumuman Klarifikasi

Pengesahan pengumuman klarifikasi dilakukan oleh ketua satuan tugas fisik.

Pengesahan Pengumuman Klarifikasi

  1. Klik Pengesahan

  2. Pilih Nama Proyek, Entri Nomor Pengumuman, Tahun

  3. Klik Cari

  4. Klik Pengesahan

Selanjutnya input berita acara pengesahan pengumuman klarifikasi bidang tanah.

Input Data Berita Acara

  1. Pilih Nama Wakil Ketua Bidang Fisik kemudian Entri Nama, NIP, dan Jabatan

  2. Klik Tambahkan

  3. Entri Nomor PBT dan entri jumlah bidang yang diumumkan

  4. Klik Tambahkan

  5. Input Passphrase

  6. Klik Simpan

Selanjutnya cetak berita acara pengesahan pengumuman klarifikasi bidang tanah.

Cetak Berita Acara

Penerbitan Surat Ukur (SU)

Pembuatan Surat Ukur (SU)

Menu ini digunakan untuk melakukan pembuatan surat ukur (SU). Pembuatan surat ukur dapat dilakukan dari berkas satgas yuridis yang sudah diregistrasi dengan nomor seri blanko pada aplikasi blanko.

Di Menu Penerbitan:

  1. Klik menu Pembuatan Surat Ukur

  2. Inputkan nomor berkas yuridis

  3. Inputkan Tahun

  4. Pilih Desa/Kelurahan

  5. Klik tombol Cari Berkas.

Pencarian Berkas Yuridis

Selanjutnya akan ditampilkan tabel informasi hasil pembuatan surat ukur. Klik icon edit untuk melengkapi informasi bidang tanah.

Hasil Pembuatan Nomor Surat Ukur

Informasi bidang tanah yang harus diisi :

  1. Keadaan Tanah

  2. Tanda Batas

  3. Petunjuk Batas

  4. Hal Lain - Lain

  5. Nama jalan

  6. Nomor Jalan, Kode Pos

  7. Alamat Tambahan

  8. Penggunaan Umum

  9. Penggunaan Khusus

  10. Metode Ukur

  11. Alat Ukur

  12. Klik Simpan

Pembuatan Surat Ukur

Surat ukur yang sudah di cetak dapat di scan dan disimpan dalam format file PDF. Selanjutnya file tersebut dapat di unggah dengan cara klik tombol Unggah File kemudian Klik Simpan SU.

Hasil Upload File Surat Ukur

Penyelesaian Surat Ukur (SU)

User melakukan pencarian berkas sebelum penyelesaian untuk Surat Ukur, dengan cara

  1. Klik menu Penyelesaian Surat Ukur

  2. Inputkan Nomor Berkas

  3. Inputkan Tahun Berkas

  4. Pilih Desa/Kelurahan

  5. Checklist no berkas

  6. Klik Selesaikan Berkas.

Pencarian Surat Ukur

Dokumen Peta Bidang Tanah

Pada menu ini user dapat mengunggah PBT yang telah dibuat serta mengesahkan PBT yang telah diupload.

Unggah Peta Bidang Tanah (PBT)

File peta bidang tanah yang sudah dibuat perlu diupload pada menu ini.

Pencarian Unggah PBT

Icon fungsinya untuk melihat hasil unggah dari file PBT. Sedangkan icon untuk melanjutkan unggah file PBT dan penandatanganan elektronik pada file yang diunggah. Ukuran kertas PBT yang diunggah menggunakan ukuran A3. Berikut tampilan halaman untuk menggunggah file PBT:

Tampilan Unggah dan TTE PBT

Yang harus dilakukan:

  1. Cari file PBT yang akan diupload

  2. Wakil Ketua Bidang Fisik menginput kode passphrasenya

  3. Klik proses untuk mengunggah file.

Pengesahan Peta Bidang Tanah (PBT)

File PBT yang telah diunggah dan sudah di-TTE selanjutnya disahkan di menu ini. Icon fungsinya untuk melihat file PBT yang sudah di-TTE. Sedangkan icon menampilkan halaman pengesahan PBT yang diunggah.

Pengesahan Unggah PBT

Inputkan kode passphrase ketua panitia adjudikasi kemudian klik tombol Proses . Maka tampil peta bidang tanah yang sudah ditandatangani secara elektronik.

Gambar Tampil

Pernyataan Kesesuaian Dokumen

Menu ini digunakan untuk melakukan pengesahan kesesuaian dokumen gambar ukur dan surat ukur dengan tandatangan elektronik.

Gambar Ukur (GU)

Syarat wajib untuk melakukan proses pengesahan kesesuaian dokumen yaitu dokumen gambar ukur sebelumnya sudah diunggah.

Pencarian Gambar Ukur

  1. Klik Pernyataan Kesesuaian Dokumen -> Gambar Ukur

  2. Input Nama Proyek, Desa/Kelurahan dan Nomor GU

  3. Klik Cari

  4. Centang GU yang akan diproses pengesahannya

  5. Kemudian klik tombol Proses untuk menampilkan halaman pengesahan kesesuaian dokumen

  6. Input kode passphrase pelaksana satuan tugas fisik

  7. Klik Proses

Pengesahan Kesesuaian Dokumen

Input kode passphrase lalu klik tombol proses. Akan tampil surat pernyataan kesesuaian dokumen yang telah ditandatangani secara elektronik.

Surat Pernyataan

Surat Ukur (SU)

Syarat wajib pengesahan kesesuaian dokumen yaitu dokumen surat ukur wajib sudah diunggah.

Pencarian Surat Ukur

  1. Klik Pernyataan Kesesuaian Dokumen -> Surat Ukur

  2. Input Nama Proyek, Desa/Kelurahan dan Nomor GU

  3. Klik Cari

  4. Centang GU yang akan diproses pengesahannya

  5. Kemudian klik tombol Proses untuk menampilkan halaman pengesahan kesesuaian dokumen

  6. Input kode passphrase pelaksana satuan tugas fisik

  7. Klik Proses

Pengesahan Kesesuaian Dokumen

Input kode passphrase lalu klik tombol proses. Akan tampil surat pernyataan kesesuaian dokumen yang telah ditandatangani secara elektronik.

Surat Pernyataan

Catatan:

* Panduan Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Fisik meliputi Menu Notifikasi Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah, Menu Tindak Lanjut Kluster 3.3, dan Menu Puldatan dapat dilihat pada menu FITUR PENDUKUNG atau dapat diakses melaluilink