Fitur Pendukung

Fitur Pendukung pada Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tatausaha

Revisi Penetapan Lokasi PTSL

Apabila terdapat kesalahan/perubahan pada jumlah target anggaran, target fisik pengukuran, Kluster 4 (K4) dan yuridis per wilayah Desa/Kelurahan dan file SK penetapan lokasi dapat dilakukan revisi target.

  1. Klik Penetapan Lokasi PTSL

  2. Pilih Nama Kegiatan

  3. Input Nomor SK

  4. Klik Cari

  5. Klik Revisi

Selanjutnya dilakukan perubahan mulai dari tahap 1 sampai dengan tahap 4.

Pembuatan Surat Perintah Membayar (SPM)

Pembuatan Surat Perintah Membayar (SPM) yaitu SPM Operasional dan SPM Non Operasional. SPM Operasional digunakan untuk pencairan kegiatan di lapangan, sedangkan SPM Non Operasional dipergunakan untuk pencairan ATK, belanja bahan, dll. Setiap tahapan minimal harus ada 1 SPM Operasional yang harus dilengkapi dengan eviden progres fisik. Entri SPM akan menentukan progres keuangan di dashboard PTSL.

Pembuatan Surat Perintah Membayar (SPM) Operasional dan Non Operasional

Pada menu ini Kepala Subbagian Tatausaha Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dapat menginput pembuatan SPM Operasional dan Non Operasional. Penginputan SPM Operasional dan Non Operasional dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pembuatan SPM OPS dan NON OPS

  1. Digunakan untuk pembuatan nomor SPM Pertahapan

  2. Digunakan untuk membuat SPM Operasional

  3. Digunakan untuk membaut SPM Non Operasional

Selanjutnya tampil pop up untuk pilih nama kegiatan dan informasi.

Hasil Pembuatan Nomor SPM

  1. Pilih nama kegiatan (Nomor 2.1)

  2. Klik simpan (Nomor 2.2)

  3. Klik OK (Nomor 2.3)

Dilakukan hal yang sama untuk pembuatan nomor SPM non operasional.

Pembuatan Surat Perintah Membayar (SPM) Penyuluhan

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Penyuluhan.

Tampilan SPM Penyuluhan

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM

Adapun tahapan yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk menghubungkan wilayah yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM

  1. Pilih wilayah yang akan diproses SPM

  2. Tekan menu Proses SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM sampai muncul tampiulan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM

Adapun tahapan yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan Surat Perintah Membayar (SPM) Pengumpulan Data Fisik dan Data Yuridis

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Pengumpulan Data Yuridis.

Tampilan SPM Pengumpulan Data Yuridis

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Yuridis

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM Yuri

  1. Digunakan untuk mencari berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM Yuri

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Yuridis Non Operasional

Adapun tahapan yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan SPM Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah.

Tampilan SPM Pengukuran & Pemetaan Bidang Tanah

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM PPBT

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM PPBT

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM PPBT

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM PPBT Non Operasional

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan SPM Kluster 4 (K4) ASN

Menu ini digunakan untuk membuat surat perintah membayar pada kegiatan K4 yang dilakukan oleh ASN.

Tampilan SPM Pemeriksaan Tanah

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM K4 ASN

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM K4 ASN

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM K4 ASN

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM K4 ASN Non Operasional

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan Surat Perintah Membayar Pemeriksaan Tanah

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Pemeriksaan Tanah.

Tampilan SPM Pemeriksaan Tanah

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Pemeriksaan Tanah

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM Pemeriksaan Tanah

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM Pemeriksaan Tanah

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

Tampilan List SPM Pemeriksaan Tanah Non Operasional

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan SPM Penerbitan SK Hak/Pengesahan Data Fisik dan Yuridis

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Pengesahan Data Fisik dan Data yuridis.

Tampilan SPM Penerbitan SK Hak/Pengesahan Data Fisik dan Yuridis

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Penerbitan SK Hak/Pengesahan Data Fisik dan Yuridis

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM Penerbitan SK Hak/Pengesahan Data Fisik dan Yuridis

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM Penerbitan SK Hak/Pengesahan Data Fisik dan Yuridis

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Penerbitan SK Hak/Pengesahan Data Fisik dan Yuridis Non Operasional

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan SPM Penerbitan Sertipikat

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Penerbitan Sertipikat.

Tampilan SPM Penerbitan Sertipikat

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Penerbitan Sertipikat

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM Penerbitan Sertipikat

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM Penerbitan Sertipikat

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Penerbitan Sertipikat Non Operasional

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan SPM Laporan

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan Pelaporan.

Tampilan SPM Laporan

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Laporan

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM Laporan

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM Laporan

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM Laporan Non Operasional

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Pembuatan SPM SKB

Menu ini digunakan untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) pada tahapan SKB.

Tampilan SPM SKB

Klik menu SPM Operasional untuk membuat SPM Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM SKB

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan edit untuk melinkan berkas yang sudah dibuat usulan pencairan dengan nomor SPM sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan Proses SPM SKB

  1. Cari Berkas

  2. Pilih berkas yang akan diproses SPM

  3. Klik Proses SPM

  4. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  5. Tekan list untuk melihat daftar nominatif yang sudah link dengan nomor SPM, sampai muncul tampilan berikut:

Tampilan List Nominatif SPM SKB

  1. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D sampai keluar tampilan sebagai berikut:

Unggah SP2D

Cara untuk unggah SP2D:

  1. Isi nomor SP2D

  2. Isi tanggal SP2D

  3. Tekan Buka File untuk memilih file SP2D yang akan diunggah

  4. Tekan Unggah File untuk mengunggah file SP2D

Klik menu SPM Non Operasional untuk membuat SPM Non Operasional sampai muncul informasi seperti berikut ini:

Tampilan Informasi SPM Baru

Tampilan List SPM SKB Non Operasional

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nomor SPM

  2. Tekan klik 2 kali untuk memasukkan nilai SPM

  3. Tekan delete untuk menghapus nomor SPM

  4. Tekan cetak untuk mengunggah SP2D

Penyesuaian Nilai SPM

Sesuaikan nilai SPM dengan nilai yang tercantum di SP2D, penyesuaian nilai SPM dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Tampilan Penyesuaian Nilai SPM

  1. Masukkan nomor dan tahun SPM

  2. Cari nomor SPM

  3. Tekan Klik kolom nilai SPM 2 kali

Fitur Pendukung Aplikasi GeoKKP

Proses Penggambaran Bidang Tanah (NIB) pada Aplikasi GeoKKP

Proses penggambaran Bidang Tanah (NIB) klik Gambar Batas Bidang untuk penggambaran sesuai koordinat yang didapatkan dari pengukuran dilapangan dan penggambaran pada gambar ukur. Seperti gambar dibawah ini:

Proses Penggambaran Bidang Tanah

Bila telah selesai klik icon toolbar , akan tampil dialog Clean Report, klik tombol Reclean sampai errornya bernilai 0 semua.

Setelah gambar di cleanup selanjutnya yaitu membuat topologi bidang dengan cara pilih menu Standarisasi -> Buat Topologi -> Unsur Kadastral -> Batas Bidang atau klik icon toolbar

Proses Clean Report

Apabila setelah ditopologi akan keluar pesan di textbox command Autocad seperti gambar dibawah ini:

Notifikasi Batas Persil Berhasil Dibuat

Catatan

• Menu Informasi tidak digunakan untuk melinkan antara Nomor Identifikasi Bidang (NIB) dengan Berkas untuk di Menu APBN kecuali Proyek BMN

• Melinkan NIB dengan Berkas pada menu APBN lewat Aplikasi web

• Pengisian atribut bidang tanah pada menu APBN di aplikasi web dan untuk rutin tetan tetep lewat aplikasi geokkp

Fitur Pendukung Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Fisik

Nominatif Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah

Menu ini digunakan untuk menyiapkan daftar nominatif pada tahapan pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah untuk usulan pencairan ke Tata Usaha. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Inputkan Nomor Berkas

  2. Inputkan Tahun Berkas

  3. Pilih Desa/Kelurahan

  4. Klik Cari Berkas

  5. Checklist berkas yang akan di cairkan

  6. Klik Proses pencairan

Seperti tampilan berikut:

Proses Berkas Siap Dicairkan

Penyelesaian K3.3

Penyelesaian K3.3 hanya dilakukan pengumpulan data fisik terhadap:

  1. Subyek merupakan warga Negara asing

  2. BUMN/BUMD/BHMN, badan hukum swasta

  3. Subyek tidak diketahui

  4. Subyek tidak bersedia mengikuti kegiatan PTSL

  5. Tanah obyek transmigrasi

Penyelesaian K3.3 pada aplikasi KKP-PTSL dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Penyelesaian K3.3

  1. Klik Penyelesaian K3.3

  2. Cari berkas berdasarkan nomor, tahun berkas, nama proyek

  3. Klik Cari Berkas

  4. Klik Selesaikan K3.3

Langkah terakhir penyelesaian K3.3 yaitu pilih alasan penyelesaian K3.3, input keterangan serta kode passphrase Wakil Ketua Bidang Fisik lalu klik tombol Proses. Untuk hasil pencetakan surat pemberitahuan penyelesaian K3.3, sebagai berikut:

Tampilan Penyelesaian K3.3

Surat Pemberitahuan K3.3

Dashboard PTSL menghitung K3.3 berdasarkan berkas fisik ASN dan KJSKB yang sudah penyelesaian K3.3.

Dashboard PTSL

Tindak Lanjut Kluster K3.3

Berikut merupakan tampilan pencarian untuk menu Tindak Lanjut Kluster 3.3

Pencarian Tindak Lanjut K3.3 PTSL

Puldatan

Menu puldatan di aplikasi PTSL Fisik berfungsi untuk melanjutkan proses digitalisasi fisik.

Pencarian Puldatan

Klik berita acara yang dicari, maka akan tampil halaman proses untuk melinkkan dokumen tanda terima dengan berkas fisik.

Proses Puldatan

Klik salah satu Nomor Urut Bidang (NUB) untuk melengkapi data yang akan dilinkkan ke berkas fisik

Detail Berkas

Tombol Cetak GU 15/2022 digunakan untuk melakukan pencetakan gambar ukur. Apabila tombol tersebut diklik, akan tampil permintaan untuk menginput informasi gambar ukur.

Informasi Gambar Ukur

Informasi yang diminta untuk diinputkan sebelum FU dicetak antara lain:

  1. No. Peta Pendaftaran

  2. No. Foto Udara

  3. No. Surat Tugas

  4. Tgl. Surat Tugas

  5. Alat Ukur

  6. Tanda Batas

Setelah informasi diinput klik tombol Simpan lalu Cetak .

Selanjutnya di menu puldatan, terdapat menu untuk mengentrikan data tanda terima.

Entri Data Tanda Terima

Data yang bisa dientrikan pada tanda terima antara lain:

  1. Pemilik

  2. Alas Hak

  3. Pajak

  4. Penunjuk Batas

  5. Sertipikat

  6. Keterangan Lainnya

Klik tombol Terima apabila data puldatan telah lengkap, maka akan tampil informasi seperti di bawah ini.

Selanjutnya lanjutan pengerjaan berkas fisik dari menu pengolahan berkas.

Fitur Pendukung Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Yuridis

Informasi Berkas

Menu ini digunakan untuk pencarian posisi nomor berkas yuridis, pada menu ini dapat menggunakan user login Satuan Tugas Yuridis.

Pada menu ini pula dapat dilakukan pembatalan berkas yuridis dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik “Informasi Berkas

  2. Isi “Nomor Berkas dan Tahun Berkas”

  3. Pilih “Cari Berkas”

  4. Pilih tanda untuk melanjutkan proses.

Panggil Berkas Tahun Anggaran Sebelumnya

Menu ini digunakan untuk melanjutkan berkas dari tahun anggaran sebelumnya, seperti berkas K3 yang sudah diselesaikan di K3 dan akan dilanjutkan menjadi K1. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Isi Nomor Berkas

  2. Isi Tahun Berkas

  3. Pilih Cari berkas

  4. Pilih tanda untuk melanjutkan berkas

Kemudian akan muncul jendela baru untuk membooking berkas tahun anggaran sekarang. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih Nama Proyek

  2. Pilih Jenis Pelayanan

  3. Pilih Kluster

  4. Pilih Desa/Kelurahan

  5. Pilih Lanjutkan Berkas

Sampai muncul informasi seperti dibawah ini

Panggil Berkas Tahun Anggaran Berjalan

Menu ini digunakan untuk melanjutkan berkas dari tahun anggaran sebelumnya, seperti berkas K3 yang sudah diselesaikan di K3 dan akan dilanjutkan menjadi K1. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Isi Nomor Berkas

  2. Isi Tahun Berkas

  3. Pilih Cari berkas

  4. Pilih tanda untuk melanjutkan berkas

Pilih Kluster lalu pilih Lanjutkan Berkas maka berkas dapat dilanjutkan dan diproses menjadi K1

Nominatif Pengumpulan Data

Menu ini digunakan untuk menyiapkan daftar nominatif pada tahapan Pengumpulan Data untuk usulan pencairan ke Tata Usaha. Dengan cara berikut:

1) Inputkan Nomor Berkas

2) Inputkan Tahun Berkas

3) Klik Cari Berkas

4) Cheklist berkas yang akan dicairkan

5) Klik Proses Usulan

Penyelesaian Kluster 3.2

Menu ini digunakan untuk menyelesaikan berkas kluster 3.2. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Ketua Panitia Ajudikasi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Inputkan Nomor Berkas dan Tahun Berkas

  2. Klik Cari Berkas

  3. Cheklist berkas yang akan diselesaikan

  4. Klik Selesaikan K3.2

Setelah klik Selesaikan K3.2 maka akan muncul teks box berikut

  1. Isikan Alasan dan Keterangan untuk dilakukan Penyelesaian K3.2

  2. Isikan Passpharase Pejabat penandatangan berita acara.

  3. Klik Proses

Kemudian akan tampil Surat Pemberitahuan Penyelesaian Kluster 3.2

Setelah Penyelesaian Kluster 3.2 Tanda akan muncul dan untuk melihat tampilan Surat Pemberitahuan Penyelesaian Kluster 3.2 dapat menggunakan tombol

Pembatalan Kluster 3.2

Menu Pembatalan Kluster 3.2 digunakan untuk menyelesaikan berkas kluster 3.2. Adapun langkah-langkahnya adalah berikut ini:

  1. Inputkan Nomor Berkas dan Tahun Berkas

  2. Klik Cari Berkas

  3. Cheklist berkas yang akan dibatalkan

  4. Klik Batal K3.2

Penyelesaian Kluster 3.4

Menu Penyelesaian Kluster 3.4 digunakan untuk menyelesaikan berkas kluster 3.4. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Ketua Panitia Ajudikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Inputkan Nomor Berkas dan Tahun Berkas

  2. Klik Cari Berkas

  3. Cheklist berkas yang akan diselesaikan

  4. Klik Selesaikan K3.4

Setelah klik Selesaikan K3.4 maka akan muncul teks box seperti berikut.

  1. Isikan Alasan dan Keterangan untuk dilakukan Penyelesaian K3.4

  2. Isikan Passpharase Pejabat penandatangan berita acara.

  3. Klik Proses.

Selanjutnya akan muncul Surat Pemberitahuan Penyelesaian Kluster 3.4 seperti berikut.

Setelah Penyelesaian Kluster 3.4 Tanda akan muncul dan untuk melihat tampilan Surat Pemberitahuan Penyelesaian Kluster 3.4 dapat menggunakan tombol

Nominatif Pemeriksaan Tanah

Menu ini digunakan untuk menyiapkan daftar nominatif pada tahapan Pemeriksaan Tanah untuk usulan pencairan ke Tata Usaha. Dengan cara sebagai berikut:

1) Inputkan Nomor Berkas

2) Inputkan Tahun Berkas

3) Klik Cari Berkas

4) Centang berkas yang akan di cairkan

5) Klik Proses Usulan

Pembuatan Daftar Isian 310

Penerbitan Daftar Isian 310

Fitur ini digunakan untuk Prosedur Pendaftaran Tanah Pertama Kali Pemberian Hak. Lakukan Penerbitan DI.310 dengan cara:

  1. Input Nomor DI.310 (jika sudah ada)

  2. Pilih Tipe Hak

  3. Klik Cari DI 310, atau

  4. Klik Buat DI.310 jika akan membuat yang baru

Beberapa item yang harus dilengkapi saat buat DI.310:

  1. Input Nama Proyek

  2. Input Desa/Kelurahan

  3. Pilih Tipe Hak

  4. Klik Proses

Notifikasi DI.310 Berhasil dibuat

Nominatif Pengesahan dan DI310

Menu ini digunakan untuk menyiapkan daftar nominatif pada tahapan Pengesahan dan DI.310 untuk usulan pencairan ke Tata Usaha. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik Menu Nominatif Pengesahan dan DI. 310

  2. Input nomor berkas

  3. Input tahun berkas

  4. Input nama proyek

  5. Input nama desa/ kelurahan

  6. Klik Cari Berkas

  7. Klik Check Box

  8. Klik Proses Usulan

Penyelesaian Kluster 3.1

Menu ini digunakan untuk menyelesaikan berkas PTSL (Kluster 1 dan Kluster 3) menjadi selesai di kluster 3. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Wakil Ketua Panitia Ajudikasi. Adapun berkas yang dapat diselesaikan di menu ini adalah yang sudah membuat pengumuman dan pengesahan. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Penyelesaian Kluster 3.1”

  2. Masukkan nomor berkas

  3. Masukkan tahun berkas atau

  4. Pilih program atau

  5. Pilih Desa/Kelurahan

  6. Lalu pilih menu ”Cari Berkas”

  7. Pilih berkas yang akan diselesaikan

  8. Pilih menu “Selesaikan K3.1”

KLUSTER 3.1 (tiga) yaitu bidang tanah yang data yuridisnya tidak dapat dibukukan dan diterbitkan sertipikat karena:

  • Subyek Warga Negara Asing

  • Subyek BUMN/BUMD/BHMN

  • Badan Hukum Swasta

  • Subyek tidak diketahui

  • Subyek tidak bersedia mengikuti pendaftaran tanah sistematis lengkap

  • Obyek merupakan tanah P3MB

  • Rumah Golongan III

  • Obyek Nasionalisasi

  • Tanah Ulayat

  • Tanah Absente;

  • Obyek tanah milik adat

  • Tanah Obyek Landreform, Transmigrasi

  • Obyek Konsolidasi Tanah

  • Dokumen kepemilikan tidak lengkap

  • Peserta tidak bersedia membuat surat pernyataan penguasaan fisik bidang tanah.

Proses penyelesaian K3.1:

  1. Pilih Ketua Panitia Adjudikasi

  2. Klik Proses

Setelah proses penyelesaian K 3.1 akan terbit gambar seperti berikut:

Nominatif Penerbitan Sertipikat

Menu ini digunakan untuk menyiapkan daftar nominatif pada tahapan Penerbitan Sertipikat untuk usulan pencairan ke Tata Usaha. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih Menu Nominatif Penerbitan Sertipikat

  2. Input Nomor Berkas

  3. Input Tahun Berkas

  4. Input Nama Proyek

  5. Input Desa/Kelurahan

  6. Klik Cari Berkas

  7. Checklist box

  8. Klik Proses Usulan

Pelaporan

Penanganan Produk

Menu ini digunakan untuk sertipikat ptsl yang sudah terbit tetapi belum diserahkan. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih menu Penanganan Produk

  2. Masukkan nomor berkas

  3. Masukkan tahun berkas atau

  4. Pilih program atau

  5. Pilih Desa/Kelurahan

  6. Lalu pilih menu Cari Berkas

  7. Pilih berkas yang akan diselesaikan

  8. Pilih menu Proses

Penanganan Produk yaitu sertpikat yang sudah terbit tetapi belum di serahkan dengan alasan yaitu:

  • Belum Tanda Tangan Pejabat

  • Berkas/Warkah Tidak lengkap/ Tidak ada

  • Salah Subyek

  • Salah Obyek

  • Salah Subyek dan Obyek

  • Tumpang tindih / Overlap

  • Bphtb Belum dibayar

  • Biaya Pra Sertipikasi (di Desa) belum di bayar

  • Lainnya …(Free Text)

Alasan di atas dipilih saat melakukan penanganan produk dengan cara sebagai berikut:

Pilih alasan

  1. Isi Keterangan

  2. Pilih menu Proses

Nominatif Pelaporan

Menu ini digunakan untuk menyiapkan daftar nominatif pada tahapan Pelaporan untuk usulan pencairan ke Tata Usaha. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih Menu Nominatif Pelaporan

  2. Input Nomor Berkas

  3. Input Tahun Berkas

  4. Input Nama Proyek

  5. Input Desa/Kelurahan

  6. Klik Cari Berkas

  7. Checklist Box

  8. Klik Proses Usulan

Daftar Isian 300 (DI300)

Menu Daftar Isian 300 ini digunakan untuk meninjau pelaporan Daftar Bidang Tanah yang Diadjudikasi.

Pada menu DI 300 ini petugas dapat mencari laporan berdasarkan Jenis Pelayanan, Nomor Daftar Isian, Jenis Kegiatan, Tahun, Bulan dan Tanggal.

Monitoring Terkini

Rekap Tahapan

Menu ini digunakan untuk memonitoring berkas PTSL per desa

Dengan cara Klik pada Kolom Nama Kantor yang dituju untuk melihat Rekap Per Desa, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Evidence PTSL

Menu ini digunakan untuk mencari data Evidence PTSL per tahun, per Nama Proyek dan per Desa. Hasil pencarian data Evidence ini juga dapat di export ke Excel. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Satuan Tugas Yuridis

Pembatalan

Pembatalan Produk PTSL

Menu ini digunakan untuk melakukan Pembatalan Produk PTSL. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Ketua Panitia Ajudikasi dengan cara klik Icon pada Produk yang akan dibatalkan

Perbaikan Pengumuman

Menu ini digunakan untuk memperbaiki Inputan atau melengkapi inputan. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Ketua Panitia Ajudikasi, dengan cara:

  1. Pilih Menu Perbaikan Pengumuman

  2. Input Berkas

  3. Input Tahun Berkas

  4. Input Nama Proyek

  5. Input Desa/Kelurahan

  6. Klik Cari Berkas

  7. Klik kolom Berkas

Setelah Klik Kolom Berkas akan muncul tampilan proses Perbaikan sebagai berikut:

  1. Checklist Box Data yang akan diperbaiki

  2. Entri baru data yang digunakan untuk melengkapi Berkas

  3. Simpan

Puldatan

Pengolahan

Menu ini digunakan untuk melakukan Pengolahan Berkas Puldatan berdasarkan Nomor Tanda Terima PTSL. Pada Menu ini diakses menggunakan user login Satuan Tugas Yuridis.

  1. Pilih Menu Pengolahan

  2. Pilih Tipe Dokumen

  3. Pilih Nama Proyek

  4. Input Desa/Kelurahan

  5. Input Nomor Tanda Terima

  6. Input Tahun

  7. Klik Cari

  8. Klik Kolom tipe Dokumen

Setelah Klik data yang akan diolah, melengkapi data untuk pembuatan Berkas Yuridis

  1. Pilih NUB

  2. Pilih Tipe Dokumen

  3. Klik Icon Tambah

  4. Klik Terima, kemudian akan muncul Konfirmasi pembuatan Berkas Yuridis

  5. Klik Proses