MODUL APLIKASI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) YURIDIS

Pada modul Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Yuridis sebagaimana telah dijelaskan pada diagram alur. Tampilan Alur Pelaksanaan PTSL dengan keterangan Kotak warna kuning antara lain:

Profile pelaksana pada Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Yuridis

Pada Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Fisik dapat diakses pada link http://ptsl.atrbpn.go.id/yuridis dengan menggunakan user login Pelaksana Tugas Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Tim Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Pada Aplikasi ini, Pelaksana Tugas Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dapat melaksanakan pengumpulan data, pemeriksaan tanah, pengesahan dan DI310, penerbitan sertipikat, pernyataan kesesuaian dokumen, pelaporan, monitoring terkini, administrasi, pembatalan dan puldatan.

Pembuatan Berkas Yuridis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Pada tahap ini membuat berkas yuridis, entri dokumen, pencetakan Surat Perintah Stor, Pencetakan Surat Tanda Terima Dokumen dan Kwitansi.

Selanjutnya akan ditampilkan form input data sebagai berikut

  1. Nama Proyek

  2. Jenis Pelayanan

  3. Kluster berkas

  4. Pilih Desa/Kelurahan

  5. Entri Jumlah Berkas. (Jumlah maksimal pembuatan berkas dalam satu kali pembuatan sebanyak 50 berkas)

  6. Klik tombol Buat Berkas

Pembuatan berkas berhasil dibuat akan ditampilkan notifikasi sebagai berikut:

Kelengkapan Data Berkas Yuridis

Selanjutnya lengkapi Berkas yang sudah dibuat dengan cara sebagai berikut:

  1. Masukkan Nomor Berkas

  2. Input Tahun Berkas

  3. Pilih Desa/Kelurahan

  4. Klik tombol Cari Berkas

Setelah daftar berkas muncul, klik salah satu nomor berkas yang akan dilengkapi.

  1. Pilih jenis dokumen “Fotocopy KTP/Identitas Pemohon”

  2. Klik tombol “Entri”

Pilih jenis pemohon, pilihan yang disediakan adalah tipe pemohon perorangan, instansi pemerintah atau badan hukum.

Entri Nama Pemohon

Pemohon Perorangan

Input data pemohon tipe perorangan, dilakukan dengan cara:

  1. Isikan Pemohon Perorangan merupakan Pemberi Kuasa atau Penerima Kuasa.

  2. Entrikan NIK, kemudian klik “Cek” maka aplikasi akan mencari data pada server DISDUKCAPIL. Jika data ditemukan akan ditampilkan informasi seperti berikut.

  1. Input “NIK” dan Klik tombol “Cek NIK”, maka aplikasi akan mencari data pada server DISDUKCAPIL. Jika data ditemukan akan ditampilkan informasi seperti berikut.

  2. Unggah file KTP hasil scan

  3. Klik tombol “Tambah” untuk menambahkan pemohon

Pemohon Instansi Pemerintah

Input data pemohon dengan tipe Instansi Pemerintah, akan ditampilkan inputan Nama seperti gambar dibawah ini.

  1. Pilih Pemohon Instansi Pemerintah dengan Pemberi Kuasa atau Penerima Kuasa

  2. Isi nama instansi pada kolom Nama

  3. Klik Tambah.

Pemohon Badan Hukum

Langkah entri data pemohon badan hukum adalah berikut ini:

  1. Pilih Pemohon Instansi Pemerintah dengan Pemberi Kuasa atau Penerima

  2. Input data pemohon

  3. Input tipe Badan Hukum, akan ditampilkan isian 1 Nama

  4. Klik Tambah, seperti gambar berikut.

Nama badan hukum akan muncul pada daftar pemohon, jika ingin dirubah klik tombol Hapus

Entri Persil

Entri Persil. Pastikan persil yang dientri bukan dari kegiatan RUTIN atau hasil BOOKING MANUAL. Pilih dokumen entri PERSIL 🡪 Klik Entri

Beberapa item yang harus diisi adalah:

  1. Pilih Desa/Kelurahan

  2. Masukan NIB

  3. Klik Cek NIB

  4. Klik Tambah

NIB yang telah ditambahkan akan muncul pada menu daftar persil seperti berikut:

Pada informasi hasil entri PERSIL disediakan tombol untuk melakukan penghapusan entrian PERSIL.

Jika persil yang diinput merupakan produk dari kegiatan rutin maka pada saat cek NIB tombol “Tambah” tidak aktif.

Entri Bukti Alas Hak

Pilih Jenis Dokumen Entri Bukti Alas Hak klik Entri

Pilih tipe alas hak sesuai dengan berkas fisik pemohon.

Beberapa item yang harus diisi adalah sebagai berikut: 1. Pilih jenis Alas Hak

  1. Input data alas hak

  2. Unggah dokumen hasil scan alas hak

  3. Klik Tambah.

Informasi Bukti Alas Hak berhasil disimpan, seperti berikut:

Tombol Hapus untuk menghapus dan Lihat untuk melihat hasil unggah dokumen.

Catatan :

*Pada proses link NIB dengan berkas Yuridis jika yang bersangkutan keberatan untuk objek tanahnya diterbitkan sertifikat maka dapat melakukan penginputan pada Menu Fisik-PTSL yaitu Kluster K3.3.

*Jika yang bersangkutan menyetujui untuk penerbitan sertipikat dapat dilanjutkan untuk penginputan persyaratan lainnya sesuai dengan data yuridis.

Entri Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan

Beberapa item yang harus diisi adalah

  1. Input data PBB

  2. Unggah dokumen PBB hasil scan

  3. Klik Tambah

Tombol Hapus untuk menghapus dan Lihat untuk melihat hasil unggah dokumen PBB.

Entri Fotocopy Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB)

  1. Pilih status BPHTB

  2. Input nomor bukti bayar dan nilai BPHTB

  3. Unggah dokumen BPTB hasil scan

  4. Klik Simpan

Dokumen unggah file BPHTB hanya untuk status Lunas, sedangkan untuk terhutang dan nihil tidak ada dokumen yang diunggah.

Tombol Hapus untuk menghapus dan Lihat untuk melihat hasil unggah dokumen BPHTB.

Entri Surat Setor Pajak/PPH

  1. Pilih status PPH

  2. Input data PPH

  3. Unggah dokumen PPH hasil scan

  4. Klik Simpan

Tombol Hapus untuk menghapus dan Lihat untuk melihat hasil unggah dokumen BPHTB.

Catatan :

*Jika pada proses Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terdapat berkas wakaf. Untuk selanjutnya dapat menginput Akta Ikrar Wakaf sebagaimana telah dilampirkan pada berkas fisik sesuai panduan dibawah ini.

Entri Akta Ikrar Wakaf

Pilih Akta Ikrar Wakaf kemudian klik Entri

Data-data Akta Ikrar Wakaf yang Harus diisi adalah:

  1. Input data Akta Ikrar Wakaf antara lain: Alas Hak, Pembuat Akta, Tanggal Akta, Nomor Akta, Mata Uang, dan Nilai (Rp).

  2. Upload dokumen Akta Ikrar Wakaf yang discan.

  3. Klik Tambah

Entri Kelengkapan Berkas Lainnya

Langkah untuk entri data kelengkapan berkas lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih kelengkapan brkas lainnya 🡪 Klik Entri

Centang atau klik kelengkapan berkas lainnya yang ingin diunggah sesuai dengan berkas fisik yang ada.

  1. Klik Pilih File untuk mengunggah dokumen

  2. Klik Simpan untuk menyimpan dokumen yang diunggah

Catatan :

*Pada setiap tabel informasi hasil penyimpanan data entri disediakan tombol HAPUS untuk melakukan penghapusan data entri. Setelah nomor berkas diumumkan dokumen entri TIDAK DAPAT DIHAPUS

Booking Daftar Isian (DI)

Lakukan pembookingan daftar isian dengan cara klik tombol Booking Daftar Isian.

Selanjutnya isikan data Nama, NIP, Jabatan, NIK dan Passphrase penandatnagan SPS, STTD dan SBS

Sampai ada informasi seperti berikut

Catatan :

*Produk dari booking Daftar Isian adalah Daftar Isian 301, DI302, DI305 dan DI306. Nomor daftar isian atau informasi lainnya dapat dilihat dari menu informasi berkas

Pencetakan Surat Tanda Terima Dokumen (STTD), Surat Perintah Stor (SPS) dan Kwitansi

Pencetakan STTD, SPS dan Kwitansi

Pemeriksaan Tanah

Pengumuman Berkas Yuridis

Pembuatan nomor pengumuman dilakukan dengan cara:

  1. Masukan nomor PBT

  2. Masukkan Tahun

  3. Cari PBT.

  4. Ceklis NIB yang akan diumumkan

  5. Klik Umumkan Berkas

Pengumuman dapat dibuat secara kolektif berdasarkan nomor PBT.Pembuatan pengumuman berdasarkan PBT juga dapat dilakukan secara berulang kali selama PBT tersebut masih terdapat NIB yang siap diumumkan, sehingga dalam satu nomor PBT bisa memiliki lebih dari satu nomor pengumuman.

Setelah Umumkan Berkas akan tampil Penandatangan Pengumuman seperti berikut.

  1. Isikan Passphrase pejabat penandatangan pengumuman.

  2. Klik Proses.

Setelah klik Proses maka akan tampil Surat Pengumuman Data Fisik dan Data Yuridis seperti gambar berikut ini.

Pengesahan Pengumuman Berkas Yuridis

Pengesahan pengumuman dapat dibuat setelah masa pengumuman telah selesai diumumkan. Lama masa pengumuman yaitu selama empat belas (14) hari kalender. Jika masa pegumuman telah selesai, maka pada hasil pencarian berdasarkan nomor pengumuman akan ditampilkan tombol Pengesahan. Seperti gambar berikut:

  1. Inputkan Nama Proyek atau Nomor Pengumuman

  2. Input Tahun

  3. Klik Cari

  4. Klik Pengesahan

Setelah klik pengesahan terdapat menu untuk melanjutkan proses pengesahan, seperti gambar berikut:

  1. Pilih File (unggah surat pernyataan)

  2. Klik Proses

Notifikasi Pengesahan Pengumuman Berhasil dibuat.

Keberatan/Sanggahan atas Pengumuman Berkas Yuridis

Pada tabel informasi hasil pencarian NIB yang selesai masa pengumumannya.

Pilih NIB yang akan di sanggah (keberatan) dengan klik simbol lihat gambar berikut:

Beberapa item yang harus diinput saat melakukan sanggahan:

  1. Nama

  2. Alamat

  3. Alasan Keberatan

  4. Klik Simpan

Pernyataan Kesesuaian Dokumen Yuridis

Menu ini digunakan untuk pratinjau dokumen yang sudah diinput dan diunggah, pada menu ini, dokumen akan di proses dengan menggunakan persetujuan berupa TTE.

  1. Pilih Menu Pernyataan Kesesuaian Dokumen

  2. Input Nama Proyek

  3. Input Desa/Kelurahan

  4. Input Nomor Hak

  5. Klik Cari berkas

  6. Checklist Box (dapat diproses secara kolektif)

  7. Klik Proses

Setelah Klik Proses, akan ada Persetujuan TTE oleh Pejabat Terkait

Setelah Proses Persetujuan TTE, akan terbit Surat Pernyataan Kesesuaian Dokumen

Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah

Membuat Buku Tanah

Pembuatan buku tanah dapat dilakukan dengan cara:

  1. Pilih Menu Penerbitan Sertipikat

  2. Pilih Sub Menu Membuat Buku Tanah

  3. Masukkan Nomor Berkas

  4. Masukkan Tahun Berkas

  5. Input Nama Proyek

  6. Input Desa / Kelurahan

  7. Klik Cari Berkas.

  8. Centang nomor berkas yang akan dibuat buku tanah

  9. Klik Buat Buku Tanah

Beberapa item yang harus diisi pada tahapan ini adalah:

  1. Pilih Tipe Hak

  2. Pilih status Terbit Sertipikat

  3. Klik menu Proses

Setelah tahapan selesai dilakukanakan muncul tabel informasi pembuatan buku tanah berhasil dibuat.

  1. Klik icon untuk memilih nama pejabat penandatangan buku tanah.

  2. Lengkapi data Dokumen Buku Tanah

  3. Klik Simpan

  4. Akan muncul “pop up” Konfirmasi kemudian klik Proses

Selanjutnya Buku Tanah hasil scan dapat di Upload dalam format PDF dengan cara Buka File -> Unggah File.

Penyelesaian Pendaftaran Tanah

Produk dari penyelesaian pendaftaran tanah yaitu nomor daftar isian 208 dan 307 dokumen hak.

  1. Pilih Menu Penyelesaian Pendaftaran Tanah

  2. Input Nomor Berkas

  3. Input Tahun Berkas

  4. Input Nama Proyek

  5. Input Desa/Kelurahan

  6. Klik Cari Berkas

  7. Chekclist box

  8. Klik Proses

Pelaporan

Penyerahan Berkas

Pada aplikasi Yuridis, Penyerahan Berkas dapat dilakukan dengan cara:

  1. Pilih Penyerahan Berkas

  2. Input Nomor Berkas

  3. Input Tahun Berkas

  4. Input Nama Proyek

  5. Input Desa/Kelurahan

  6. Klik Cari Berkas

  7. Checklist box (dapat dilakukan secara kolektif)

  8. Klik Siap Serahkan

  9. Klik Serahkan

Catatan:

* Panduan Aplikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Yuridis meliputi Menu panggil Berkas tahun Anggaran Berjalan, Menu Pembatalan Kluster 3.2, Menu Penyelesaian Kluster 3.4, Menu Penerbitan Daftar Isian 301, Menu Nominatif Pengesahan dan DI310, Penyelesaian Kluster 3.1, Menu Nominatif Penerbitan Sertipikat, Menu Penanganan Produk, Menu Nominatif Pelaporan, Menu Daftar Isian 300, Menu Rekap Tahapan, Menu Evidence PTSL, Menu Pembatalan Produk PTSL, Menu Perbaikan Pengumuman dan Menu Pengolahan dapat dilihat pada menu FITUR PENDUKUNG atau dapat diakses melalui link