Panduan Modul Aplikasi Pengelolaan Blanko

Aplikasi Blanko adalah aplikasi yang ditujukan untuk membantu pegawai dilingkungan Kementerian ATR/BPN dalam sistem kelola Tata Usaha serta pengadministrasian, dengan aplikasi ini dapat mempermudah pengguna untuk mengawasi dan mencari posisi blanko sehingga terstruktur dan rapi. Khusus untuk kegiatan PTSL, berkas yang diregister pada aplikasi blanko adalah berkas PTSL pada aplikasi Yuridis. Aplikasi blanko dapat diakses melalui website dengan link: https://blanko.atrbpn.go.id/

Administrasi Aplikasi Pengelolaan Blanko

Pada menu ini admin dari kantah setempat dapat mendaftarkan pengguna lainnya untuk dapat mengakses aplikasi sesuai dengan kewenangan sebagaimana di aplikasi KKPWeb dengan menambahkan profil cukup melalui aplikasi blanko. Bagi pengguna yang mau didaftarkan harus memiliki akun/user KKPWeb sebelumnya, jika belum maka silahkan menghubungi admin untuk minta dibuatkan user KKPWeb.

Admin dapat mengetikkan nama sesuai dengan nama yang tercantum pada profil di KKPWeb lalu mengklik nama user yang muncul pada pencarian.

Admin dapat memilih hak akses terhadap pengguna yang akan didaftarkan, sesuai dengan kewenangannya sebagaimana terlihat pada petunjuk gambar di bawah.

Klik:

Centang kolom

Simpan

Login Aplikasi Pengelolaan Blanko

Masukan login pengguna dan kata sandi sesuai dengan user KKPWeb, untuk menampilkan kata sandi silahkan beri tanda centang sebagaimana yang tertera pada petunjuk di bawah dengan cara diklik.

Pilih kantor sesuai lokasi admin/pengguna.

Pilih dropdown:

Pilih kantor

Beranda Aplikasi Pengelolaan Blanko

Pada beranda menampilkan informasi Total Blanko, Rata-rata Penggunaan Blanko Hak Atas Tanah, Blanko Hak Tanggungan, Blanko Rusak serta Sisa Blanko sehingga mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi singkat terkait pengelolaan blanko. Pada beranda juga disediakan mesin pencarian seri blanko sehingga pengguna dapat mengetahui informasi status blanko, berkas dan dokumen.

Distribusi Blanko

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan pengguna aplikasi pada modul “Distribusi Blanko”.

  1. Login sebagai Kantor Pusat

  2. Klik menu “Distribusi Blanko”. (1)

  3. Klik tombol aksi “Import Blanko”. (2)

Aplikasi menampilkan halaman Upload Distribusi (4)

  1. Pilih Dropdown jenis sertifikat Blanko (5)

  2. Upload file Excel (6)

Klik Import Blanko lalu klik Kembali untuk proses selanjutnya (7)

Penerimaan Distribusi Blanko

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam mengakses dan mengelola penerimaan distribusi blanko dari Kantor Pusat ke Kantor Wilayah.

  1. Login sebagai Kantor Wilayah

  2. Klik menu “Distribusi Blanko” (1)

  3. Klik pada tab menu Penerimaan Blanko dari Kantor Pusat (2)

  4. Aplikasi menampilkan detail data distribusi blanko dari Kantor Pusat pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Pusat” (3)

Koreksi Pengiriman

  1. Pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Pusat“, pilih tombol aksi Koreksi Pengiriman dengan Icon

  2. Aplikasi menampilkan form Koreksi Pengiriman sesuai dengan data yang dipilih.

  1. Menampilkan data informasi permintaan distribusi Blanko dan Koreksi Blanko (1)

  2. Input Koreksi Distribusi Blanko sesuai form (2)

  3. Klik Koreksi Permintaan (3)

  4. Klik Kembali untuk menuju ke proses selanjutnya (4)

Penerimaan Distribusi Blanko

  1. Pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Pusat“, pilih tombol aksi Penerimaan Distribusi Blanko dengan Icon (3)

  2. Aplikasi menampilkan form Penerimaan Ditribusi Blanko sesuai dengan data yang dipilih

  1. Menampilkan data informasi distribusi Blanko yang akan dilakukan koreksi (1)

  2. Menampilkan data koreksi blanko (2)

  3. Input Berita Acara Distribusi Blanko sesuai form yang tersedia (3)

  4. Klik Simpan (4)

  5. Klik Kembali untuk menuju ke proses selanjutnya (5)

Lihat Data

  1. Pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Pusat “, pilih tombol aksi Lihat Detail dengan Icon (3)

  2. Aplikasi menampilkan halaman Lihat Data / Detail Penerimaan Blanko sesuai dengan data yang dipilih

  1. Klik Icon Gambar Berita Acara untuk melihat Preview/Download Format pdf Berita Acara (1)

  2. Klik Icon Gambar BSTB untuk melihat Preview/Download Format pdf Berita Serah Terima Barang (2)

  3. Klik Kembali untuk kembali ke halaman sebelumnya (3)

Distribusi Blanko ke Kantor Pertanahan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam mengakses dan mengelola Pendistribusian Blanko ke Kantor Pertanahan ketika proses Penerimaan selesai.

  1. Masih login sebagai Kantor Wilayah di menu Distribusi Blanko

  2. Klik tombol aksi dengan gambar ikon Distribusikan Blanko ke Kantah

  3. Aplikasi menampilkan informasi dan form input distribusi Blanko di Kantor Pertanahan

  1. Melihat data informasi stok Blanko (1)

  2. Input data distribusi blanko sesuai form yang tersedia (2)

  3. Klik Kirim (3)

  4. Data input secara otomatis ditampilkan di informasi permintaan Blanko (4)

  5. Klik Kembali untuk menuju ke proses selanjutnya (5)

Distribusi Blanko ke Kantor Wilayah

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam mengakses dan mengelola Pendistribusian Blanko ke Kantor Wilayah ketika proses Ditribusi dari Kantor Petanahan selesai.

  1. Masih login sebagai Kantor Wilayah di menu Distribusi Blanko

  2. Klik pada tombol Distribusikan Blanko ke Kanwil

  3. Aplikasi menampilkan informasi dan form input distribusi Blanko di Kantor Wilayah

  1. Melihat data informasi stok Blanko (1)

  2. Input data distribusi blanko sesuai form yang tersedia (2)

  3. Klik Kirim (3)

  4. Klik Kembali untuk menuju ke proses selanjutnya (4)

Distribusi Blanko

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam mengakses dan mengelola Pendistribusian Blanko ketika Proses Distribusi dari Kantor Pertanahan selesai.

  1. Masih login sebagai Kantor Wilayah di menu Distribusi Blanko

  2. Klik pada tab Distribusi Blanko (1)

  3. Aplikasi menampilkan informasi detail data yang sudah diinputkan sebelumnya lalu pilih data (2)

  4. Klik Lihat Data dengan Icon (3)

Aplikasi menampilkan data detail Distribusi Blanko

Penerimaan Distribusi Blanko

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan pengguna aplikasi pada modul “Penerimaan Distribusi Blanko di Kantor Pertanahan”.

Penerimaan Distribusi Blanko

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam mengakses dan mengelola penerimaan distribusi blanko dari Kantor Pusat ke Kantor Wilayah.

  1. Login sebagai Kantor Pertanahan

  2. Klik menu “Distribusi Blanko” (1)

  3. Klik pada tab menu Penerimaan Blanko dari Kantor Wilayah (2)

  4. Aplikasi menampilkan detail data distribusi blanko dari Kantor Wilayah pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Wilayah” (3)

Koreksi Pengiriman

  1. Pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Wilayah“, pilih tombol aksi Koreksi Pengiriman dengan Icon

  2. Aplikasi menampilkan form Koreksi Pengiriman sesuai dengan data yang dipilih

  1. Menampilkan data informasi permintaan distribusi Blanko dan Koreksi Blanko (1)

  2. Input Koreksi Distribusi Blanko sesuai form (2)

  3. Klik Koreksi Permintaan (3)

  4. Klik Kembali untuk menuju ke proses selanjutnya (4)

Penerimaan Distribusi Blanko

  1. Pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Wilayah“, pilih tombol aksi Penerimaan Distribusi Blanko dengan Icon

  2. Aplikasi menampilkan form Penerimaan Ditribusi Blanko sesuai dengan data yang dipilih

  1. Menampilkan data informasi distribusi Blanko yang akan dilakukan koreksi (1)

  2. Menampilkan data koreksi blanko (2)

  3. Input Berita Acara Distribusi Blanko sesuai form yang tersedia (3)

  4. Klik Simpan (4)

  5. Klik Kembali untuk menuju ke proses selanjutnya (5)

Lihat Data

  1. Pada list data “Penerimaan Blanko dari Kantor Wilayah“, pilih tombol aksi Lihat Detail dengan Icon

  2. Aplikasi menampilkan halaman Lihat Data / Detail Penerimaan Blanko sesuai dengan data yang dipilih

  1. Klik Icon Gambar Berita Acara untuk melihat Preview/Download Format pdf Berita Acara (1)

  2. Klik Icon Gambar BSTB untuk melihat Preview/Download Format pdf Berita Serah Terima Barang (2)

  3. Klik kembali untuk kembali ke menu sebelumnya

Permintaan Berkas

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan pengguna aplikasi pada modul “Permintaan Blanko”.

  1. Login sebagai Kantor Pertanahan

  2. Klik menu “Permintaan Blanko” (1)

Keterangan, menampilkan data dengan status:

  • Baru : Jika data selesai ditambahkan di proses tambah permintaan

  • Permintaan dikirim : sudah di proses oleh Kantor Wilayah atau Kantor Pertanahan lain

  • Diteruskan ke Kantor Pusat : jika oleh Kantor Wilayah dilanjutkan ke Kantor Pusat

  • Selesai : Usulan permintaan selesai di proses

Klik tombol aksi “Tambah Permintaan” (2)

Aplikasi menampilkan halaman Usulan Permintaan Blanko

  1. Input data sesuai form yang tersedia (5)

  2. Upload berita acara sementara (6)

  3. Kirim permintaan (7)

Menampilkan data pada halaman awal aplikasi dengan notifikasi “Status Baru”

Klik Kembali untuk proses selanjutnya (8)

Status Permintaan Baru

  1. Pilih data dengan status “Baru

  2. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  3. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  4. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  5. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Status Permintaan Dikirim

Jika usulan telah diproses oleh Kantor Wilayah atau Kantor Pertanahan lain

  1. Pilih data dengan status “Permintaan Dikirim

  2. Klik penerimaan dengan icon

  3. Menampilkan halaman informasi penerimaan data (1)

  1. Upload Berita Acara (2)

  2. Klik Simpan (3)

  3. Klik Kembali untuk kembali ke menu awal (4)

  4. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  5. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  6. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  7. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Status Diteruskan ke Kantor Pusat

Jika usulan oleh Kantor Wilayah dilanjutkan ke Kantor Pusat

  1. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  2. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  3. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  4. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Status Selesai

Jika usulan sudah Selesai di terima oleh Kantor Pertanahan

  1. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  2. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  3. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  4. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Permintaan Blanko dari Kantor Pertanahan Lain

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan pengguna aplikasi pada modul “Permintaan Blanko dari Kantor Pertanahan lain” (Ketika Kantor Wilayah meneruskan ke Kantor Pertanahan Lain).

  1. Login sebagai Kantor Wilayah

  2. Klik menu Permintaan Blanko (1)

  3. Klik pada tab Permintaan Blanko Kantor Pertanahan

Hanya mengambil data dan proses perstujuan permintaan dari Kantor Pertanahan lain atau Kantor Wilayah sendiri dan dikirim ke Kantor Pusat.

Menampilkan data dengan status :

  • Baru: Jika data selesai ditambahkan di proses tambah permintaan

  • Permintaan dikirim: sudah di proses oleh Kantor Wilayah atau Kantor Pertanahan lain

  • Selesai: Usulan permintaan selesai di proses

Klik tombol aksi “Tambah Permintaan” (2)

Aplikasi menampilkan halaman Usulan Permintaan Blanko (3)

  1. Input data sesuai form yang tersedia (4)

  2. Upload berita acara sementara (5)

  3. Kirim permintaan (6)

Menampilkan data pada halaman awal aplikasi dengan notifikasi “Status Baru

Klik Kembali untuk proses selanjutnya (7)

Status Permintaan Baru

  1. Pilih data dengan status “Baru

  2. Klik Persetujuan Kantor Wilayah dengan Icon

  3. Menampilkan halaman detail data persetujuan permintaan blanko

  4. Klik Preview BA

Pilih jenis persetujuan seperti tampilan dibawah ini:

  1. Klik tombol aksi Kirim Permintaan atau,

  2. Klik tombol aksi Kembali untuk kembali ke menu awal

  3. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  4. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  5. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  6. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Status Permintaan Dikirim

Jika usulan sudah di proses oleh Kantor Wilayah atau Kantor Pertanahan lain

  1. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  2. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  3. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  4. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Status Selesai

Jika usulan sudah Selesai di terima oleh Kantor Pertanahan

  1. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  2. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  3. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  4. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

  1. Klik Download “Berita Acara” dengan icon

  2. Melakukan proses Download Berita Acara format PDF

Hasil Download PDF

Klik pada tab Kolektif Permintaan Blanko

Hanya melihat data yang di kolektifkan ke Kantor Pusat

  1. Klik menu Permintaan Blanko (1)

  2. Menampilkan aksi : (2)

    • Klik tombol aksi Lihat Data dengan icon

    • Klik tombol aksi Download Berita Acara dengan icon

Menampilkan Lihat Data

  1. Login sebagai Kantor Pertanahan

    • Jika proses permintaan blanko dari kantah untuk permintaan kantah lain

  1. Klik menu Permintaan Blanko (1)

  2. Klik pada Tab Permintaan Blanko dari Kantor Pertanahan lain (2)

  3. Terdapat Status : (3)

    • Permintaan

    • Sudah dikirim

Status Permintaan

Jika salah satu pegawai Kantor Pertanahan melakukan permintaan maka lakukan proses permintaan sbb :

  1. Login sebagai Pegawai Kantor Pertanahan ( andipa )

  2. Klik “Pengiriman Permintaan” dengan Icon

  3. Menampilkan halaman detail data pengiriman permintaan blanko (1)

  1. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (2)

  2. Input periode Tanggal Pengiriman (3)

  3. Klik Dropdown untuk memilih tipe no serie (4)

  4. Input no serie awal sampai akhir (5)

  5. Klik Kirim Permintaan (6)

  6. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (7)

  7. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  8. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  9. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  10. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

Status Sudah Dikirim

Melakukan proses permintaan sudah dikirim

  1. Klik “Lihat Data” dengan Icon

  2. Menampilkan halaman detail data permintaan blanko baru

  3. Klik Preview BA untuk melihat kembali berita acara (1)

  4. Klik Kembali untuk kembali ke halaman awal (2)

Hasil Preview Berita Acara

Keterangan :

Setelah proses permintaan blanko yang dilakukan pegawai Kantor Pertanahan ke Kantor Pertanahan lain Selesai, proses selanjutnya Kembali ke Login Kantor Pertanahan (sulsel1) dan lakukan proses dari Status Permintaan Dikirim sampai Selesai di menu Tab Permintaan Blanko Kantor Pertanahan

Proyeksi (Kantor Pusat)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi untuk mengakses menu atau modul “Proyeksi”.

  1. Klik menu “Proyeksi

  2. Aplikasi Menampilkan informasi daftar proyeksi Blanko Kantor Pusat

  1. Pilih salah satu data

  2. Klik tombol aksi Lihat Data dengan gambar icon (3) untuk menampilkan popup informasi “Daftar Jumlah Blanko Kantor Pertanahan” (4) yang dipilih dari Kantor Wilayah.

  3. Klik tombol Close untuk menutup popup informasi “Daftar Jumlah Blanko Kantor Pertanahan” (5)

Proyeksi (Kantor Wilayah)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi untuk mengakses menu atau modul “Proyeksi”.

  1. Klik menu “Proyeksi

  2. Aplikasi Menampilkan informasi daftar proyeksi blanko Kantor Wilayah

Proyeksi (Kantor Pertanahan)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi untuk mengakses menu atau modul “Proyeksi”.

  1. Klik menu “Proyeksi

  2. Aplikasi Menampilkan informasi Daftar Proyeksi Blanko Kantor Pertanahan

  3. Klik tombol aksi “Tambah Proyeksi

Aplikasi menampilkan halaman Input Data Proyeksi

  1. Input data sesuai form yang tersedia

  2. Klik tombol aksi Simpan untuk menyimpan data

  3. Klik tombol aksi Kembali untuk kembali ke halaman sebelumnya

Monitoring (Kantor Pusat)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi untuk mengakses menu atau modul “Monitoring”.

  1. Klik menu “Monitoring”

  2. Aplikasi Menampilkan informasi Daftar Monitoring seluruh Kantor Wilayah

  1. Pilih salah satu data

  2. Klik tombol aksi Lihat Data dengan gambar icon (3) untuk menampilkan popup informasi “Daftar Jumlah Blanko Kantor Pertanahan” (4) yang dipilih dari Kantor Wilayah.

  3. Klik tombol Close untuk menutup popup informasi “Daftar Jumlah Blanko Kantor Pertanahan” (5)

Monitoring (Kantor Wilayah)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi untuk mengakses menu atau modul “Monitoring”.

  1. Klik menu “Monitoring

  2. Aplikasi Menampilkan informasi Daftar Monitoring seluruh Kantor Pertanahan

Monitoring (Kantor Pertanahan)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi untuk mengakses menu atau modul “Monitoring”.

  1. Klik menu “Monitoring

  2. Aplikasi Menampilkan informasi Daftar Monitoring seluruh Kantor Pertanahan Kota

Pengelola BMN

Serah Terima Blanko

Pada menu Pengelolaan BMN pengguna dapat mengentri atau mencari hasil entrian aplikasi blanko sebelumnya, disini pengguna diwajibkan untuk upload berita acara serah terima blanko dengan format .pdf untuk dapat melanjutkan ke tahap registrasi blanko. Blanko yang diregistrasi terbagi atas 2 (dua) yaitu Blanko Hak Atas Tanah (HAT) dan Hak Tanggungan (HT).

A. Klik menu Pengelola BMN lalu pilih Serah Terima Blanko

Pada pencarian berita acara serah terima, pilih tipe blanko, masukkan tanggal awal serah terima dan tanggal akhir serah terima lalu klik Entri Yang Baru

B. Memasukkan Berita Acara

Pada tahap ini pengguna mengentri

  • Tipe Blanko, dimana tipe blanko terbagi atas 2 (dua) yaitu blanko Hak Atas Tanah (HAT) dan blanko Hak Tanggungan (HT).

  • Tanggal Serah Terima, adalah tanggal dimana blanko Hak Atas Tanah (HAT) atau blanko Hak Tanggungan (HT) diserahterimakan sebagaimana tertera pada Berita Acara Penyerahan Blanko.

  • Jumlah Blanko adalah jumlah blanko dan Nomor Berita Acara.

a. Tampilan menu memasukan berita acara, pilih tipe blanko hak atas tanah.

Input:

  • Tanggal Serah Terima,

  • Jumlah Blanko dan

  • Nomor Berita Acara

  • Kemudian klik Selanjutnya

b. Tampilan menu memasukan blanko.

Input:

  • Tahun blanko

  • Nomor awal seri blanko

  • Jumlah blanko

  • Kemudian klik Tambahkan

Catatan : Untuk pilih pilih tipe blanko Hak Tanggungan tahapannya sama dengan pilih tipe blanko Hak Atas Tanah

Klik Selanjutnya untuk unggah berita acara.

c. Tampilan Menu unggah berita acara, upload berita acara dengan pilih file pada sebelah kiri atas lalu masukan berita acara dengan format .pdf dan tekan tombol open dan klik simpan lalu selesai.

tampilan setelah pilih file .pdf

d. Untuk kembali ke menu sebelum atau setelahnya silahkan klik nomor tahapan yang tersedia pada bagian atas tampilan aplikasi sebagaimana petunjuk gambar dibawah.

Pengembalian Blanko

Pada menu Pengelolaan BMN pengguna dapat mengembalikan entrian nomor Seri blanko. Jika terjadi kesalahan pada saat entri blanko, pengguna diwajibkan untuk upload berita acara Pengembalian blanko dengan format .pdf. Untuk dapat melanjutkan ke tahap proses pengembalian blanko, maka pengelola blanko dapat lakukan dengan cara:

Klik menu Pengelola BMN lalu pilih Pengembalian Blanko

A. Input Nomor Berita Acara Penyerahan blanko lalu klik Cari Blanko seperti gambar di bawah ini:

Pilih dan beri tanda pada kotak kosong dan klik Selanjutnya. Untuk no seri blanko yang sudah dipakai/terikat dengan berkas tidak dapat dilakukan pengembalian blanko.

B. Memasukkan Berita Acara Pengembalian dengan menginput:

  • Nomor Berita Acara Penyerahan

  • Tanggal Berita Acara penyerahan

  • Alasan Berita Acara Penyerahan

klik Selanjutnya untuk Unggah file berita acara pengembalian dengan format .PDF

C. Unggah Berita Acara Pengembalian dengan klik Pilih File lalu klik Simpan seperti gambar dibawah ini:

Registrasi Penggunaan

Registrasi Penggunaan Blanko Hak Atas Tanah

Klik:

  • Registrasi Penggunaan

  • Blanko Hak Atas Tanah

Input:

  1. nomor dan tahun berkas  lalu klik tombol cari.

  2. nomor awal seri,

  3. jumlah blanko

  4. diambil oleh (nama petugas)

  5. lalu klik tambahkan

Klik Registrasi sampai muncul kotak kecil pada no seri seperti gambar di bawah untuk menandakan register blanko telah berhasil, jika kotak kecil pada no seri tidak ada maka hasil registrasi belum tersimpan.

Penggantian blanko apabila terjadi kerusakan klik nomor blanko setelah itu klik Blanko Rusak:

  1. Input ulang kembali nomor seri blanko seperti langkah sebelumnya dengan memasukkan nomor seri blanko yang baru.

  2. Apabila terjadi kesalahan karena tertukar nomor seri blanko maka dapat ditukar dengan menggunakan tombol Tarik Blanko.

Registrasi Penggunaan Hak Tanggungan

Digunakan untuk melinkkan berkas dengan blanko hak tanggungan

Input:

  1. nomor berkas dan tahun berkas HT yang akan di link kan

  2. klik cari

Input:

  1. Nomor Seri Awal Blanko

  2. Jumlah Blanko

  3. Diambil oleh

  4. klik tambahkan

  5. klik registrasi pertama kali

Penggantian blanko dikarenakan rusak dapat dilakukan dengan klik icon setelah itu klik Blanko Rusak,

Input:

  1. Nomor Berita Acara

  2. Tanggal Berita Acara

  3. Klik Pilih File, unggah berita acara dengan file format .pdf

  4. Klik Simpan

Untuk melihat daftar blanko rusak silahkan masuk ke tab Batal, untuk mencek Berita Acara klik pada nomor Berita Acara.

Registrasi Penggunaan Blanko Jamak

Menu ini digunakan untuk melinkkan berkas Permohonan SK dengan Pendaftaran SK

Klik Registrasi Penggunaan -> pilih Blanko Jamak

Input: 1. Mencari Berkas Rujukan (berkas permohonan hak dari berkas pendaftaran SK yang akan dilinkkan).

  1. Nomor dan tahun berkas -> klik tombol cari.

  2. Mencari Berkas Lanjutan (berkas pendaftaran SK).

  3. Masukan nomor dan tahun berkas rujukan lalu klik tombol cari.

  1. Klik hasil pencarian hingga tombol Buat Berkas Rujukan aktif lalu klik untuk melinkkan

  2. jika ingin menghapus link -> klik tombol Hapus Berkas Rujukan.

Laporan

Serah Terima Blanko

Klik Laporan lalu pilih Serah Terima Blanko

  1. Pilih tipe blanko, kemudian masukan tanggal serah terima lalu klik cari berita acara serah terima

  2. Dimenu hasil pencarian serah terima blanko akan muncul Daftar seperti No, Tanggal Jumlah seperti gambar berikut:

Klik tanggal hasil pencarian serah terima blanko untuk menampilkan detail informasi penggunaan blanko.

Validasi Blanko per Tahun Blanko

Klik Laporan lalu pilih Validasi Blanko Per Tahun Blanko

Pilih tipe blanko, kemudian masukan tahun lalu klik Cari Blanko Tervalidasi, dimenu hasil pencarian validasi blanko akan muncul daftar seperti Nomor, Seri, Nomor Berkas, Tanggal Mulai, Nama Prosedur, Nama Simpul, Nomor Hak, Tanggal Hak, DI 208, DI301A dan Nama Pemohon.

Validasi Blanko per Tanggal Blanko Penerbitan

Klik Laporan lalu pilih Validasi Blanko Per Tanggal Blanko Penerbitan.

Pilih tipe blanko, kemudian masukan tanggal sejak, tanggal sampai lalu klik tombol cari blanko Tervalidasi dimenu hasil pencarian validasi blanko akan muncul daftar seperti Nomor, Seri, Nomor Berkas, Tanggal Mulai, Nama Prosedur, Nama Simpul, Nomor Hak, Tanggal Hak, DI 208, DI301A dan Nama Pemohon.

Kerusakan Blanko

Klik Laporan lalu pilih Kerusakan Blanko

Pilih tipe blanko, kemudian masukan tanggal sejak, tanggal sampai lalu klik tombol cari blanko Rusak dimenu hasil pencarian validasi blanko akan muncul daftar seperti No, Seri, Berkas, Prosedur, Tanggal.

Tampilan detail no seri blanko yang rusak serta tertera nomor berkas, prosedur layanan dan tangggal kerusakan blanko.

Klik User Login pada pojok kanan atas, lalu klik log out.